Jumat, 19 April 2024

Akses Tol Hidupkan Destinasi Wisata Coban Jahe

Diunggah pada : 29 Juli 2019 22:01:55 45

Jatim Newsroom -Keberadaan akses Tol Pandaan-Malang diharapkan bisa menghidupkan Coban Jahe sebagai destinasi wisata Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

“Kami tak berhenti dengan Indian Camp saja. Nanti terutama wahana outbound, kami kembangkan lagi atraksi lain seperti flying fox dan pembenahan di bumi perkemahan,” beber Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Coban Jahe, Agung Purwito, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/7).

Menurut Agung, angka kunjungan ke Coban Jahe terus mengalami peningkatan, sejak dikembangkan menjadi tempat wisata beberapa tahun lalu. Hari biasa, rata-rata pengunjung yang datang sebanyak 200 sampai 300 orang per hari.

Sementara saat weekend, jumlah pengunjung Coban Jahe bisa mencapai 500 orang per hari. “Maka dari itu, kami harus berbenah agar menarik minat wisatawan. Karena kami tangkap ada peluang bagi wilayah Tumpang ramai wisatawan, karena sekarang ada tol. Apalagi saat pintu Tol Pakis dibuka,” imbuh Agung.

Sementara itu, terkait rencana pembangunan kawasan Badan Otorita Bromo Tengger Semeru (BOP BTS), Agung menjelaskan, mayoritas wilayahnya berada di hutan milik Perum Perhutani KPH Malang.

Agar lebih diakses, perbaikan jalan menuju Coban Jahe juga akan jadi prioritas.

“Beberapa waktu lalu, dari pihak kecamatan dan desa melakukan pengecekan di lokasi dan menyanggupi untuk peningkatan akses jalan, semoga bisa segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

Pemberdayaan masyarakat juga akan dioptimalkan, guna memberi dampak positif secara ekonomi bagi warga setempat.

“Di sekitar air terjun, banyak dijual ya produk home industri mereka seperti keripik dan kadang juga buah pisang dan durian kalau sedang musim,” ungkap Agung. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait