Senin, 22 Juli 2024

Ajang Penghargaan JPRA Kembali Digelar Tahun Ini

Diunggah pada : 27 Mei 2024 18:59:31 79
Sosialisasi JPRA 2024, di Lt. 4, Ruang Anjasmoro, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Senin (27/5/2024). Foto : Rafly / JNR

Jatim Newsroom – Ajang penghargaan tahunan Jatim Public Relations Awards (JPRA) kembali digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim) tahun 2024 ini dengan tema 'Sinergi Jawa Timur untuk Visi Indonesia Digital 2045'. Ajang JPRA 2024 tersebut disosialisasikan di Lt. 4, Ruang Anjasmoro kantor Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Senin (27/5/2024). 

Ditemui usai sosialisasi, Ketua Tim Kerja Kemitraan Komunikasi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Jatim, Eko Setiawan menyampaikan, ajang penghargaan JPRA 2024 ini diikuti peserta dari seluruh perangkat daerah Pemprov Jatim dan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Dikatakannya, saat ini Kominfo Jatim sedang menyosialisasikan ajang JPRA 2024 dan akan membuka pendaftaran pada 1-30 Juni 2024 mendatang. 

“Setelah itu nanti mereka akan submit materi konten sampai di sekitar bulan September. Lalu memasuki tahap penilaian oleh dewan juri, dan berikutnya nanti ada penyerahan penghargaan di akhir-akhir Oktober 2024 pada acara Jatim Digital Festival atau disebut ‘Jatim Digi-Fest’,” tutur Eko. 

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan, hal baru JPRA 2024 dengan tahun sebelumnya mengingat telah tiga kali ini diadakan, adalah rentan waktu yang cukup panjang bagi peserta dalam mempersiapkan konten untuk penilaian penghargaan.

“Beberapa yang baru adalah, karena kita ingin melihat keaktifan peserta, baik Kominfo kabupaten/kota maupun perangkat daerah pada pengelolaan media mereka. Maka, kami memberi rentan waktu yang cukup panjang dari Januari sampai Agustus untuk mempersiapkan kontennya yang akan dinilai dewan juri,” ungkapnya.

“Bahkan untuk konten yang medsos maupun website, itu mereka bisa mulai produksi konten dari Juni sampai Agustus. Jadi ada rentan waktu hampir tiga bulan kurang lebih. Bisa kemudian mempersiapkan biar konten-kontennya lebih bagus,” sambung Eko. 

Eko memaparkan, dalam ajang penghargaan ini ada lima kategori yang akan dilombakan. Yakni, situs web atau website, media sosial, konten video kreatif, siaran pers (press release), dan program komunikasi publik. Pada masing-masing kategori ini ada kriteria penilaian khususnya. 

“Situs web yang dinilai adalah tujuan dan strategi eksekusi, serta konsep desain yang memudahkan pembaca. Media sosial (instagram) yang dinilai tujuan dan strategi eksekusi koonsep kreatif, follower, reach, impression dan engagement,” paparnya.

Untuk konten video kreatif, Eko melanjutkan, yang dinilai adalah tujuan dan strategi eksekusi serta konsep dan teknik kreatif, kesesuaian tema, kekuatan pesan dan estetika karya. Untuk siaran pers, yang dinilai tujaun dan strategi eksekusi publikasi. 

“Dan untuk program komunikasi publik, yang dinilai tujuan maupun strategi eksekusi, serta evaluasi program komunikasi publik. Yang indikatornya menitikberatkan pada dua aspek yaitu strategi komunikasi program dan dampak terukur dari pelaksanaan program,” ujar Eko. 

Eko menuturkan, pada ajang penghargaan JPRA 2024 ini para pemenangnya adalah tiga terbaik pada masing-masing kategori untuk peserta dari kelompok perangkat daerah dan tiga terbaik dari masing-masing kategori untuk peserta dari kelompok Diskominfo Kabupaten/Kota. 

Ketua Tim Kerja Kemitraan Komunikasi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Jatim, Eko Setiawan saat memaparkan pedoman umum ajang JPRA 2024, di Lt.4, Ruang Anjasmoro, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Selasa (27/5/2024). Foto : Rafly / JNR

“Sebenarnya tujuan kita bukan semata-mata untuk kompetisi atau lomba begitu. Tapi lebih kepada untuk menggugah, menyemangati ataupun memberi apresiasi kepada perangkat daerah dan kabupaten kota dalam pengelolaan media kehumasan mereka,” tuturnya. 

Untuk waktu pelaksanannya, Eko menjabarkan, ada tiga periode, yakni pendaftaran yang dibuka pada 1-30 Juni, periode unggah atau posting karya pada 1-31 Agustus 2024, dan periode batas waktu pengiriman karya. 

“Pada periode unggah atau posting karya, peserta melakukan pengunggahan konten atau karya yang akan diikutkan lomba ke masing-masing platform sesuai kategori lomba. Dan pada batas waktu pengiriman karya yakni pada 2-6 September 2024, dokumen dan tautan karya dikirim ke panitia melalui tautan yang disediakan,” paparnya. 

Untuk penilaian dalam ajang JPRA 2024 ini, Eko menjelaskan, dewan juri merupakan para praktisi kehumasan, praktisi media, dan para akademisi. Adapun ketentuan umum untuk mengikuti ajang JPRA 2024 ini adalah peserta dapat melakukan pendaftaran lomba melalui tautan https://s.id/DaftarJPRA2024 dan mengisi formulir pendaftaran. 

Peserta wajib mengunggah materi lomba melalui tautan https://s.id/KirimKaryaJPRA2024 dengan ketentuan sebagai berikut : 

1. Materi diunggah sekaligus dengan mengisi form regsitrasi dengan kapasitas maksimal 100 MB

2. Dokumen yang diunggah dalam format PDF

3. Penamaan materi harus sesuai format berikut : 

JPRA2024_nama instansi_nama kategori (Contoh : JPRA2024_DiskominfoJatim_Media Sosial)

4. Setiap instansi diwakili satu orang penanggung jawab

5. Karya yang dilombakan merupakan karya yang diproduksi dan diunggah oleh peserta. (vin/hjr)

#kominfo jatim #JPRA