Jumat, 29 Maret 2024

Ahli Gizi Unair Ingatkan Masyarakat Konsumsi Makanan Tinggi Serat Saat Sahur

Diunggah pada : 29 Maret 2023 12:42:19 27
Salah satu hidangan makanan di bulan Ramadan

Jatim Newsroom- Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, Ramadan menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia. Tak bisa dipungkiri, Ramadan memberikan sebuah suasana berbeda dengan beragam kekhasannya. Dilandasi dengan keyakinan terhadap agama dan dikuatkan dengan penelitian yang ada, ibadah puasa memberikan pengalaman tersendiri.

Saat berpuasa,  kegiatan menahan makan dan minum lebih dari dua belas jam banyak membuat masyarakat terlena, salah satunya persoalan Gizi. Kepada awak media Rabu(29/3/2023), Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Dominikus Raditya Atmaka SGz MPH, menjelaskan bahwa asupan saat sahur  menjadi salah satu yang patut diperhatikan.

“Ketika tubuh sedang berpuasa, maka tubuh akan berupaya untuk menurunkan laju metabolism untuk menghemat pengeluaran glukosa dalam darah supaya dapat tetap stabil walaupun tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh dalam waktu lama,” ujarnya.

Menurutnya, dengan sedikitnya jendela makan yang dimiliki, masyarakat perlu melakukan pengaturan gizi secara baik. Apalagi, untuk mereka yang memang tidak terbiasa berpuasa disebelas bulan lainnya.

Dari itu, masyarakat diharapkan dapat mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang lebih rendah ketika sahur. Makanan tinggi sehat dan mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oat, hingga roti gandum dapat menjadi pilihan.

“Dimana kadar indeks glikemik ini menentukan seberapa cepat glukosa dilepas masuk ke darah. Semakin rendah indeks glikemik dalam makanan, maka akan lebih membuat awet rasa lapar,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, asupan cairan juga perlu dipastikan memenuhi kebutuhan cairan selama satu hari penuh. Oleh karena itu, masyarakat dianjurkan untuk meminum tiga hingga empat gelas air saat sahur.

“Usahakan Konsumsi cairan yang memadai sehingga tidak dehidrasi. Dan perbanyak Konsumsi sayur dan buah sehingga kebutuhan serat, vitamin, dan mineral harian dapat terpenuhi,” tutupnya. (mad/hjr)

#unair