Kamis, 13 Juni 2024

92 Persen Pengelolaan Air Bersih Jatim Gunakan Aluminium Sulfat

Diunggah pada : 31 Januari 2023 12:36:22 83
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Komponen terbanyak yang digunakan oleh Perusahaan Air Bersih dalam melakukan pengelolaan air bersih yaitu alumunium sulfat/tawas. Aluminium sulfat/tawas yang digunakan dalam proses ini yaitu sekitar 92 persen.

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) dalam laporan Statistik Air Bersih Jawa Timur 2021, Selasa (31/1/2023) diterangkan bahwa bahan baku yang digunakan berasal dari berbagai sumber. 

“Air yang dipergunakan tidak selalu sesuai dengan syarat kesehatan, karena sering ditemui air tesebut mengandung zat-zat tertentu yang dapat menimbulkan penyakit yang justru berbahaya bagi tubuh manusia,” ujar Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan. 

Berdasarkan masalah tersebut, lanjutnya, maka perlu diketahui kualitas air yang bisa digunakan untuk kebutuhan manusia tanpa menyebabkan akibat buruk dari penggunaan air tersebut. 

“Kebutuhan air bagi manusia harus terpenuhi baik secara kualitas maupun kuantitasnya agar manusia mampu hidup dan menjalankan segala kegiatan dalam kehidupannya,” terangnya. 

Ditinjau dari segi kualitas atau mutu air secara langsung atau tidak langsung, pencemaran akan berpengaruh terhadap kualitas air. Sesuai dengan dasar pertimbangan penetapan kualitas air minum, usaha pengelolaan air yang digunakan oleh manusia sebagai air minum berpedoman pada standar kualitas air. 

“Terutama dalam penilaian terhadap produk air minum yang dihasilkannya, maupun dalam merencanakan sistem dan proses yang akan dilakukan terhadap sumber daya air,” jelasnya dalam laporan. (idc/n)

#BPS Jatim #air bersih