Rabu, 24 April 2024

6 Kabupaten/Kota di Jatim Bagi Pengalaman Praktik Program MADANI

Diunggah pada : 17 Maret 2023 12:31:14 68
Rapat Sharing Praktik Baik dan Pengalaman Model Penguatan Organisasi dan Isu Tematik Program MADANI di Jawa Timur, Kamis (16/3/2023).

Jatim Newsroom – Enam kabupaten/kota di Jawa Timur berbagi pengalaman pelaksanaan praktik baik, model penguatan organisasi, dan isu tematik program MADANI di Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan di Surabaya, Kamis (16/3/2023). 

Ketua Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan (LPKP) Jawa Timur, Anwar Solihin menjelaskan peserta mempresentasikan masing-masing cara dan inovasi dalam pelaksanaan program melalui pendampingan yang dilakukan kepada Organisasi Masyarakat Sipil (OMS). 

Kegiatan berbagi cerita dan pengalaman ini, lanjutnya, diharapkan bisa mendorong lembaga pemerintah yang lain melalui Corporate Social Responsibilty (CSR) untuk bisa berkontribusi dalam replikasi program di masa mendatang di daerah-daerah seluruh Jawa Timur. 

“Sharing ini diharapkan menjadi langkah awal untuk duplikasi dan replikasi kegiatan dan program di perangkat daerah di kabupaten/kota lain,” ujar Anwar. 

Adapun praktik baik yang telah dilaksanakan adalah:

1. Di Kabupaten Malang berupa kegiatan terkait kesehatan ibu dan anak 

2. Di Kabupaten Jember berupa kegiatan terkait kesehatan reproduksi remaja

3. Di Kabupaten Gresik berupa kegiatan pengelolaan sampah 

4. Di Kabupaten Jombang berupa kegiatan pengelolaan sampah

5. Di Kota Madiun berupa kegiatan pendampingan lapak UMKM Mandiri 

6. Di Kabupaten Sumenep berupa kegiatan pendampingan Bumdes berbasis masyarakat

“Seluruhnya berupa pendampingan kepada OMS di wilayah mulai dari modul, sistem, hingga anggaran. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 2020 dan akan berakhir di 2023 sehingga diharapkan bisa dilanjutkan pada tahun berikutnya,” terang Anwar. 

Di kesempatan yang sama, Governance Specialist USAID MADANI, Pietra Widiadi berharap makin banyak daerah yang turut melaksanakan program ini dan makin banyak masyarakat yang bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

“Kegiatan ini menjadi penguatan bagi OMS melalui Bakesbangpol di daerah-daerah dengan berbagai kegiatan atau praktik baik, mulai dari pembinaan UKM sampai pengolahan sampah,” katanya. (idc/n)

#madani #Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait