Senin, 15 Juli 2024

408 Kades di Bojonegoro Dapat Perpanjangan Masa Jabatan

Diunggah pada : 11 Juni 2024 20:20:29 58
Foto: Pemkab Bojonegoro

Jatim Newsroom - Sebanyak 408 Kepala Desa (Kades) di Bojonegoro mendapatkan perpanjangan masa jabatan dan dikukuhkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Adriyanto di Pendopo Malowopati Bojonegoro. 

Dikutip dari laman resmi Pemkab Bojonegoro hari ini, Selasa (11/6/2024), para Kades diharapkan terus menggali potensi wilayah, berinovasi dan menjalankan pemerintahan sesuai regulasi, serta menjadi penyambung aspirasi masyarakat.

“Semoga dengan perpanjangan masa jabatan ini, para Kades bisa semakin meningkatkan kinerja, dedikasi penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pemberdayaan masyarakat yang ada di desa,” ujarnya.

Adriyanto juga mengatakan peran kepala desa dalam pemerintahan di desa sangat strategis untuk mendukung semua program pelaksanaan pemerintah secara nasional. Karena apa yang dilakukan pemerintah kabupaten merupakan langkah mendukung program pembangunan secara nasional. Sehingga kades harus melaksanakan program tersebut di tingkatan pemerintahan desa.

"Harapan saya, bisa terus menjadi pemimpin yang amanah di wilayah masing-masing dan bisa menjadi tempat masyarakat untuk mengadu dan memberikan harapan mereka,” harapnya.

Adriyanto menambhakan para kades bisa terus menggali potensi di wilayah masing-masing. Pemkab Bojonegoro dan pemerintah secara nasional terus berupaya menekan tingkat kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, mendorong penciptaan lapangan kerja baru, dan menekan inflasi. Termasuk pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya perpanjangan masa bakti ini bisa terus berinovasi dan mencari jalan terbaik untuk bisa menjalankan program yang strategis. Khususnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Bapak/Ibu semua. Karena saya tahu, Bojonegoro potensinya sangat luar biasa, tapi jika tidak digali bersama tentunya hanya akan menjadi hidden gem atau kekayaan (permata) yang tersembunyi,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah menjelaskan, rincian 408 Kades yang diperpanjang. Pertama, Kades periode tahun 2019 s/d 2025 yang diperpanjang jabatan 2 tahun sehingga periodesasinya menjadi 2019 s/d 2027 sebanyak 152 orang dengan kepala desa hasil pilkades antar waktu sebanyak 3 orang.

Kedua, kepala desa periode tahun 2020 s/d 2026 diperpanjang jabatan 2 tahun sehingga periodesasi menjadi 2020 s/d 2028 sebanyak 224 orang dengan hasil pilkades antar waktu sebanyak 6 orang.

Ketiga, kepala desa periode tahun 2022 s/d 2028 yang diperpanjang masa jabatannya 2 tahun sehingga periodesasinya menjadi 2022 s/d 2030 sebanyak 32 orang. “Sementara, ada 11 desa belum perpanjang masa jabatan karena masih dijabat oleh pj kades,”tambahnya. (Yan)

#Kabupaten Bojonegoro