Selasa, 23 April 2024

TINGKATKAN KOMPETENSI, BKKBN BERI PELATIHAN CALON BIDAN

Diunggah pada : 16 Maret 2012 14:33:21 39
thumb

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prov Jatim memberikan pelatihan kepada calon bidan yang lulusan D3 atau setingkat Akademi Kebidanan (Akbid). Pelatihan yang dikemas dalam bentuk workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan D3 dalam pelayanan Keluarga Berencana melalui pendidikan program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB).
Kepala BKKBN Prov Jatim, Djuwartini SKM MM di Surabaya, Jumat (16/3) mengatakan, setiap lulusan bidan akan memberikan andil besar dalam kesuksesan program KKB. “Diibaratkan ada bidan ada KB, demikian juga ada KB ada bidan. Karena itu, melalui workshop merupakan langkah awal untuk meningkatkan ketrampilan para bidan, setiap lulusan diharapkan akan memberikan andil besar dalam pelayanan KB termasuk penanganan komplikasinya,” ujarnya.
Sebagaimana diketahui, bidan berperan penting dalam pelayanan kehamilan dan persalinan, demikian pula dalam pelayanan Keluarga Berencana. Sedangkan saat ini, pendidikan bagi bidan di Indonesia mayoritas berada pada jenjang pendidikan D3 atau Akbid.
Dia menjelaskan, pendidikan D3 setingkat Akbid ini nantinya akan mencetak tenaga bidan dengan kapasitas sebagai bidan pelaksana yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan praktik, baik di institusi pelayanan seperti Puskemas atau Rumah Sakit maupun praktik perorangan. Dikarenakan kompetensi bidan dalam pelayanan kesehatan dan keluarga berencana inilah maka BKKBN Jatim diberikannya pelatihan.
Melalui workshop, diharapkan akan menjadi satu upaya guna meningkatkan kompetensi lulusan D3 kebidanan khususnya dalam pelayanan KBKR melalui jalur pendidikan dengan menyusun Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) pembelajaran KKB. Untuk meningkatkan ketrampilan bidan dalam pelayanan keluarga berencana, nantinya bidan juga diberikan wawasan mengenai program kependudukan.
Workshop mengetengahkan materi Grand Design Pengendalian Kuantitas Penduduk, Kebijakan dan Strategi Program KB 2012, Peningkatan Kompetensi Bidan dalam Program Kependudukan dan Keluarga Berencana, Sosialisasi Kurikulum Program D3 Kebidanan dan Implementasi Pembelajaran KBKR, Peran BKKBN dalam Fasilitasi Terlaksananya Pre Service Training dan Program Sertifikasi IUD Implan bagi lulusan Program D3 Kebidanan.
Workshop yang dihadiri kurang lebih 80 peserta ini menghadirkan narasumber dari Poltekkses Surabaya dan IBI Jawa Timur selain narasumber dari Perwakilan BKKBN Jatim sendiri antara lain Kepala Bidang Latbang, Kepala Bidang KBKR dan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk serta widyaiswara.
Sebelum acara Workshop dimulai, ditandatangani MoU revitalisasi program KB antara Perwakilan BKKBN Jatim dengan Sekolah Tinggi Yayasan RSI Surabaya, dan penyerahan bantuan 150 set sarana belajar pemasangan IUD dan Implant untuk 75 sekolah peserta workshop. (ris)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait