Kamis, 25 April 2024

2021, Sebesar 92,99 Persen Rumah Tangga di Jatim Miliki Fasilitas BAB

Diunggah pada : 6 September 2022 15:26:14 124
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Pada tahun 2021, persentase rumah tangga di Jawa Timur yang tidak memiliki fasilitas Buang Air Besar (BAB) sebesar 7,01 persen. Selebihnya, sebesar 92,99 persen rumah tangga sudah tersedia fasilitas tersebut.

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim) dalam laporan Statistik Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jawa Timur 2021, pada tanggal 6 September 2022, tercatat bahwa di antara rumah tangga yang sudah tersedia fasilitas BAB tersebut, ada yang digunakan hanya untuk anggota rumah tangga (ART) itu sendiri sebesar 83,80 persen.  

“Ada yang digunakan bersama ART rumah tangga lain tetapi tertentu sebesar 7,89 persen, ada yang menggunakan di MCK umum sebesar 0,92 persen, dan ada rumah tangga yang tersedia fasilitas untuk buang air besar tetapi tidak menggunakannya sebesar 0,09,” ujar Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan.

Dadang menjelaskan, kepemilikan fasilitas buang air besar merupakan ketersediaan jamban/kloset yang dapat digunakan oleh rumah tangga dan dirinci menjadi memiliki fasilitas buang air besar dan tidak memiliki fasilitas buang air besar.

Rumah tangga yang memiliki fasilitas buang air besar terbagi lagi menurut penggunaannya, di antaranya adalah tersedia fasilitas BAB dan digunakan untuk anggota rumah tangga sendiri, tersedia fasilitas tetapi penggunaan bersama anggota rumah tangga lain dan tertentu, rumah tangga menggunakan fasilitas BAB di MCK umum, dan rumah tangga memiliki fasilitas BAB tetapi tidak menggunakan.

“Untuk kondisi yang terakhir ini, biasanya mereka membuang kotoran di sungai/kali, pantai, sawah atau di tempat lainnya atau juga di tempat lain yang sudah menjadi kebiasaan mereka,” pungkas Kepala BPS Jatim. (idc/n)

#BPS Jatim #perumahan #pemukiman