Sabtu, 3 Desember 2022

2021, Imunisasi Lengkap Balita Jatim sebesar 38,57%

Diunggah pada : 30 Agustus 2022 16:38:43 156
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Tahun 2021, capaian imunisasi lengkap pada balita di Jawa Timur tercatat sebesar 38,57 persen. Imunisasi lengkap adalah jika balita mendapatkan imunisasi dasar satu kali untuk Bacillus Calmette–Guerin (BCG) dan campak, serta tiga kali untuk Diphtheria Vaccine (DPT), Polio, dan Hepatitis B.

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) dalam laporan Statistik Kesehatan Provinsi Jawa Timur tahun 2021, pada tanggal 30 Agustus 2022, Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan menjelaskan bahwa apabila dilihat dari jenis imunisasi, balita yang diberikan imunisasi BCG menempati urutan tertinggi yaitu mencapai 89,44 persen, kemudian polio 89,38 persen, Hepatitis B mencapai 87,17 persen, DPT 85,06 persen, dan Campak 70,18 persen.

“Persentase balita yang mendapatkan imunisasi BCG, Polio, DPT, dan Hepatitis B, menunjukkan angka yang cukup tinggi karena saat ini layanan pemberian imunisasi dasar dapat dengan mudah diperoleh di posyandu-posyandu dan puskesmas secara gratis,” ujar Dadang.

Sebagai informasi, selain pemberian Air Susu Ibu (ASI) hingga usia 2 tahun, pemberian imunisasi dilakukan pada bayi baru lahir hingga usia 5 tahun. Imunisasi diberikan agar tubuh menjadi kebal terhadap penyakit tertentu. Program imunisasi dasar yang diberikan pada balita adalah imunisasi BCG, DPT, Polio, Campak, dan Hepatitis B.

Imunisasi Hepatitis B pertama kali diberikan pada saat bayi baru lahir, baru kemudian diulang hingga tiga kali ketika bayi berusia 2-4 bulan. Imunisasi BCG diberikan hanya satu kali ketika bayi berusia 1 -2 bulan. Sementara imunisasi Polio dan DPT diberikan pada bayi berumur 1-4 bulan, masing-masing empat kali untuk polio dan tiga kali untuk DPT.

“Terdapat pula istilah DPT combo (DPT-HB), yaitu pemberian imunisasi kombinasi antara DPT dan Hepatitis B, yang diberikan pada satu waktu yang sama. Imunisasi campak diberikan pada bayi ketika usia 9-12 bulan,” pungkas Dadang. (idc/n)

#BPS Jatim #imunisasi