Kamis, 18 Juli 2024

20 Tahun ke Depan, Ponorogo Bangun Green Economy, Tingkatkan Pariwisata dan Sektor Pertanian

Diunggah pada : 21 Desember 2023 12:39:42 101
Bupati Ponorogo membacakan rancangan pembangunan Ponorogo 20 tahun ke depan di aula Bappeda Litbang, Rabu (20/12/2023). Foto : Erwin sudanda

Jatim Newsroom - Pembangunan daerah dalam rentang 20 tahun ke depan sudah dirancang jauh-jauh hari. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo sengaja menggelar uji publik tentang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di aula Bappeda Litbang setempat, Rabu (20/12/2023). 

Dalam paparannya, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menegaskan bahwa arah pembangunan selama 20 tahun itu harus menjaga kesinambungan antara laju pertumbuhan ekonomi dengan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko, juga menyebut penerepan green economy. Yakni, konsep ekonomi yang meningkatkan kesejahteraan manusia dan kesetaraan sosial, sekaligus mengurangi risiko lingkungan secara signifikan

“Kami ingin penerapan konsep ekonomi hijau kedepan dimulai dari sekarang. Artinya, bahan tambang yang tidak memenuhi spesifikasi dalam 10 atau 20 tahun ke depan, jangan lagi dieksplorasi,” jelasnya.

Menurut Kang Bupati, sektor pertanian tetap tidak dapat ditinggalkan meskipun sektor pariwisata sebagai unggulan. Pun, pembangunan pariwisata wajib terintegrasi. Mulai wisata religi, alam, hinggag edukasi dipaduka agar ekonomi tumbuh. “Yang tidak kalah penting itu adalah pembangunan SDM. yang menjadi garda pintu terdepan untuk mengubah peradaban menjadi lebih baik. SDM yang bagus, unggul, berdaya saing, dan berakhlak itu sangat penting, '' terangnya. 

Kang Bupati menegaskan pula pentingnya pembangunan di wilayah perbatasan yang sudah masuk Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). ''Mulai 2024, pembangunan akan menyentuh wilayah perbatasan supaya tidak terjadi kesenjangan,” pungkasnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo