Kamis, 18 Juli 2024

130 UMKM Jatim Ikut Fasilitasi NIB di Sidoarjo

Diunggah pada : 24 Februari 2023 15:37:36 135
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah pahlawan ekonomi. Pasalnya, perekonomian di Jawa Timur ditopang oleh usaha koperasi dan UMKM dengan nilai lebih dari 50 persen.

Sebanyak lebih kurang 130 pelaku UMKM di Jatim mengikuti Sosialisasi dan Fasilitasi Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk UMKM pada Kamis (23/2/2022) di Perumahan Putri Juanda, Desa Pepe, Kabupaten Sidoarjo. Hadir mewakili Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) yaitu Analis Kebijakan Ahli Muda, Diskop-UKM Jatim, Aisyah Amini. 

Perwakilan warga dan panitia pada kegiatan ini, Eko Purwanto mengatakan para pelaku UMKM perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. “Kegiatan sosialisasi dan fasilitasi ini merupakan langkah yang baik. Karena selain untuk para pelaku UMKM, kegiatan ini juga membantu pemerintah dalam percepatan proses ekonomi nasional,” tutur Eko.

Kepada pelaku UMKM yang hadir, Eko juga menjelaskan tentang pentingnya memiliki NIB bagi para pemilik usaha. Selain membuat usahanya diakui kelegalannya oleh pemerintah, dengan memiliki nomor registrasi yang resmi, UMKM juga akan mendapatkan kemudahan dalam mengembangkan usaha sebab telah terdaftar resmi di data negara. Mulai dari kesempatan pengembangan usaha seperti  bantuan teknis, pendampingan, bantuan modal, hingga pelatihan. 

“Kami harap dengan terselenggarakannya legalisasi usaha melalui NIB ini dapat memacu UMKM agar lebih berkembang lagi, yakni usahanya tidak hanya berjalan musimam, namun bisa terus ada dan bertahan dengan komitmennya melalui NIB yang sudah didaftarkan,” lanjutnya. 

Kepala Desa Pepe, Moch Yasir menyebutkan bahwa awalnya kegiatan fasilitasi NIB ini hanya diagendakan untuk sejumlah 50 UMKM. Namun karena antusias warga yang besar, kegiatan ini terselenggara dengan dihadiri hingga lebih dari 100 orang pelaku UMKM. 

“Hal ini menunjukkan antusias dan kesadaran warga dalam legalisasi usaha yang sudah tinggi. Oleh karena itu, ia juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan agar pelaku UMKM baru atau yang belum terdaftar dapat bersama-sama maju dan berkembang secara beriringan. (idc/n)

#UMKM #Diskop-UKM Jatim #nomor induk berusaha