PROSEDUR PERMOHONAN INFORMASI


 

MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

a.    Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi mengisi formulir permintaan informasi 

       dengan melampirkan foto copy KTP pemohon dan pengguna informasi, bagi lembaga

       publik/ormas dilengkapi foto copy akta pendirian, surat keterangan terdaftar di Bakesbangpol

       Provinsi Jawa Timur/setempat, surat keterangan domisili lembaga publik/ormas.

       ( Formulir permohonan informasi  dapat di  download di sini  ).

b.    Maksud dan tujuan permintaan informasi harus jelas penggunaannnya

c.    Petugas memberi  tanda bukti penerimaan permintaan  informasi publik. kepada pemohon

       informasi publik.

d.    Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir

        permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik.

e.    Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh

       pemohon/pengguna informasi. Jika informasi yang diminta masuk dalam kategori

       dikecualikan, PPID menyampaikan alasan sesuai dengan keterangan perundangan yang berlaku.

f.     Petugas memberikan Tanda bukti Penyerahan informasi Publik kepada pengguna informasi

        publik.

g    Membukukan dan mencatat

 

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN

a.   Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan

      setelah pemohon informasi memenuhi    persyaratan yang telah ditentukan.

b.   Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh ) hari sejak diterima permintaan

       Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID) akan menyampaikan pemberitahuan

       yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak.

       Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 ( tujuh) hari kerja.

c.   Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi

      publik dilakukan secara langsung,  dengan menandatangani berita acara penerimaan

      informasi publik.

d.  Jika permohonan informasi diterima, maka dalam surat pemberitahuan juga dicantumkan

      materi informasi yang diberikan, format informasi, apakah dalam bentuk softcopy atau

      data tertulis. Apabila dibutuhkan untuk keperluan penggandaan menjadi tanggung jawab

      atau beban pemohon informasi. Bila permintaan  informasi ditolak, maka dalam surat

       pemberitahuan dicantumkan alasan  penolakan  berdasarkan UU KIP

 

BIAYA/TARIF

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi menyediakan informasi publik secara gratis

(tidak dipungut biaya), sedangkan untuk penggandaan, pemohon/pengguna informasi publik

dapat melakukan penggandaan/fotocopy sendiri di sekitar gedung Dinas Kominfo Prov Jatim

atau biaya penggandaan ditanggung oleh pemohon informasi.



Advanced Search

   Produk SKPD