GENCARKAN STBM, GELAR LOMBA INOVATOR TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Jumat, 6 Sepember 2013 | 10:18


Untuk memasyarakatkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), berbagai upaya tengah dilakukan High Five Surabaya. Salah satunya yakni dengan menggelar lomba lomba inovator teknologi tepat guna sanitasi. Dalam lomba ini total hadiah yang telah diperebutkan senilai Rp 110 juta.
            Team Leader High Five Surabaya, Ratih Astati Dewi, Jumat (6/9) mengatakan, lomba ini terbuka untuk umum. Masyarakat secara individu maupun berkelompok mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba inovator teknologi STBM. Kegiatan ini berlangsung mulai Agustus 2013 sampai Maret 2014. “Lomba ini berlangsung secara nasional, siapa saja boleh mengikuti lomba,” katanya.
            Kegiatan lomba teknologi tepat guna dimaksudkan untuk memperkaya pilihan teknologi sanitasi bagi masyarakat dengan cara yang praktis, memenuhi syarat teknis dan kesehatan, serta bisa dijangkau masyarakat terutama MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).
Dikatakannya, semangat dari lomba inovasi STBM yakni adanya pengembangan inovasi teknologi tepat guna yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan wilayah, mudah dijangkau, murah sekaligus ramah dan aman bagi lingkungan.
Lomba ini penting untuk mendukung pendekatan pengembangan STBM di wilayah perkotaan yang saat ini masih belum banyak dilakukan. Kegiatan ini akan membantu memperkaya pilihan teknologi yang sudah ada dan membuatnya terjangkau bagi masyarakat umum. Sehingga semakin banyak lapisan masyarakat yang memiliki akses sanitasi dasar lebih baik
Masyarakat yang tertarik untuk mengikuti lomba ini mereka bisa mempelajari persyaratan lebih lanjut di website www.sanitasitotal.com. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Yayasan Inotek dimana pemenang lomba nantinya akan dibantu pengurusan hak patent terhadap produk inovasinya, serta dibantu pemasaran dan produksi massalnya.
Untuk mengikuti lomba ini, setiap peserta lomba diwajibkan mengirimkan proposal inovasi karyanya. Setelah dipilih sebagai proposal pemenang, nantinya akan berlanjut ke penerapan di lapangan dengan membuat produknya. Hasil inovasi itulah yang nantinya akan dibantu diurus hak patent serta pemasaran dan produksi massalnya.
            Di Surabaya, kelompok peduli lingkungan High Five Surabaya telah mensosialisasikan pada sejumlah instansi, kelompok dan segmen masyarakat yang dianggap aktif peduli terhadap kesehatan hidup diantaranya, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, 50 Puskesmas finalis lomba Green n Clean, mitra kerja STBM, LSM dan sejumlah mitra High Five di Kota Surabaya.
            Kegiatan lomba ini diharapkan bisa memicu peningkatan pencapaian MDGs (Millenium Development Goals/Tujuan Pembangunan Milenium), khususnya point 7C, terkait peningkatan akses terhadap air minum yang aman dan sanitasi dasar, yang sudah mendekati akhirnya di tahun 2015. Tahun 2010 akses terhadap sanitasi yang layak sudah meningkat 55,53%, dan meningkat lagi di tahun 2012 menjadi 57,3%. Artinya sudah ada kemajuan peningkatan sebesar 1,7%. Sementara target MDGs ditahun 2015 yang diharapkan adalah 62,41%.
            Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) 2010 menyebutkan, di wilayah perkotaan, 19.7% tdk mempunyai akses ke air minum yg berkualitas dan hanya 73.3% keluarga yang telah melakukan pengolahan air minum rumah tangga yang aman. Untuk praktek pembuangan tinja masih ada 7.5% rumah tangga yang buang air besar sembarangan dan 71.4 keluarga yang menggunakan sarana buang air besar (BAB) yang layak. Dari seluruh rumah tangga yang tinggal di perkotaan, hanya 26% keluraga yang mengolah limbah domestiknya  dengan aman. Lebih dari separuh rumah tangga di kota (53.4%) tidak mengelola sampahnya dengan baik. (jal,sti)

Advanced Search

   Produk SKPD