DISPERINDAG JATIM KEMBALI GELAR LOMBA DESAIN PERHIASAN

Senin, 29 Juli 2013 | 13:31


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur kembali memberi kesempatan bagi para desainer dan calon desainer muda untuk  mengikuti lomba desain perhiasan.

Lomba yang digelar untuk ke-8 kalinya ini bertema Desain Perhiasan Menuju ekonomi Kreatif Provinsi Jawa Timur. Lomba akan memperebutkan juara untuk katagori masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar.

Kepala Disperindag Jawa Timur, Dr Ir Budi Setiawan MMT, melalui rilisnya, Senin (29/7)mengatakan, lomba desain perhisan 2013 ini dikhususkan untuk masyarakat Jawa Timur. Namun lomba tidak diperkenankan diikuti oleh pemenang pada lomba desain perhiasan tahun 2011 dan 2012.

Dikatakannya, lomba ini dilakukan untuk mendukung program pengembangan klaster gemopolis atau kluster industri perhiasan Jawa Timur dalam upaya meningkatkan inovasi dan kreativitas, sehingga tercipta desain perhiasan yang mempunyai daya saing dan nilai jual tinggi.

Dalam lomba, akan diberlakukan kriteria penilaian, antara lain memenuhi unsur orisinalitas atau keaslian ide/karya, keunikan dan nilai tambah produk. Selain itu, desain memiliki motif dan estetika, memiliki aspek produksi atau mudah dipublikasikan serta wearability dan ergonomy (kenyamanan pakai)

Formulir peserta bisa diperoleh di Disperindag Provinsi Jatim Jl Siwalankerto Surabaya dan Disperindag kabupaten/kota se-Jawa Timur. Atau formulir bisa didownload di website Diseprindag; www.disperindag-jatimprov.org.

Ketentuan lomba, setiap peserta menciptakan satu set desain perhiasan (skala 1:1) terdiri dari desain kalung, gelang, cincin dan giwang. Motif desain perhiasan mengangkat kekayaan daerah dengan acuan visual flora dan fauna Jawa Timur.

Peserta diperbolehkan mengkombinasikan desain dengan batu alam lokal dengan ukuran standar,  penggunaan bahan-bahan alam yang dilindungi, namun bahan alam impor tidak diperbolehkan. Karya desain yang dibuat harus dapat direalisasikan dalam bentuk produk sebenarnya bermaterialkan bahan perak. Setiap peserta diperbolehkan hasil desainnya mengkombinasikan dengan batu-batuan ukuran standar. Hasil karya peserta harus dapat dipablikasikan dalam bentuk sebenarnya.

Pendaftaran dimuai 15 Juli 2013 pada hari kerja dengan mengisi form isian dan pengirimannya ke sekretariat lomba dapat memalui pos atau email. Karya desain sudah diterima panitia selambat-lambatnya 27 September 2013

Semua peserta lomba mendapatkan piagam penghargaan. Untuk pemenang lomba kategori umum/mahasiswa juara I mendapatkan Rp 7 juta, juara II berhadiah Rp 6 juta dan hadiah III sebesar Rp 5 juta. Untuk pemenang kategori pelajar juara pertama Rp 6 juta, pemenang II mendapat Rp 5 juta dan pemenang III Rp 4 juta. (sti)

Advanced Search

   Produk SKPD