SAKA WANABHAKTI JATIM BENTUK KADER KEHUTANAN & LINGKUNGAN

Senin, 1 Juli 2013 | 13:30


Musim liburan akhir tahun ajaran 2013 Saka Wanabhakti Jawa Timur melaksanakan Kemah Kerja Konservasi dan Pembinaan Dewan Saka Wanabakti yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Air Panas, Pacet, Kabupaten Mojokerto, 28-30 Juni. Dalam kemah tersebut juga dibentuk kader kehutanan dan lingkungan.
    Rangkaian Pimpinan Saka Wanabakti Jawa Timur, Ir. Dody Arif Sarwono, MM, Minggu (30/6) mengatakan, bahwa kemah ini merupakan momentum perjalanan ke depan sebagai kader kehutanan dan lingkungan hidup. Pramuka Saka Wanabakti adalah rimbawan muda untuk selalu menjaga hutan demi masa depan bangsa.
            Ia berharap, peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat melanjutkan jenjang pengkaderan di Saka Wanabakti di daerahnya masing-masing serta dapat menjadi contoh pelestari hutan, lingkungan di sekolah, dan lingkungan masyarakat.
            Kegiatan ini diikuti 150 peserta yang merupakan perwakilan Dewan Saka Wanabakti KPH Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Ngawi, Nganjuk, Bondowoso, Malang, Blitar, Banyuwangi utara, Madura, Tuban, Bojonegoro, Jember dan Kediri.
    Materi yang disampaikan diantaranya mengenal GPS (Global Positioning System), konservasi sumberdaya slam hayati, pengenalan flora fauna, perlindungan hutan, pemandu wisata alam, dan materi ke-sakaan. Sedangkan di lapangan adalah praktek pengamatan flora dan fauna di sekitar kawasan kemah kerja konservasi pelestarian alam Tahura Raden Soeryo dan pengamatan pengembangan wisata yang ada di lokasi wisata air panas Padusan.
            Ketua Panitia Penyelenggara, Tatun Wiyanto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti wujud kepedulian anggota pramuka khususnya yang tergabung dalam kesakaan akan pentingnya pelestarian lingkungan dan hutan.
“Mereka merupakan generasi penerus bangsa dan garda terdepan untuk pelestarian lingkungan, Karena ditangan merekalah nantinya lingkungan akan rusak atau akan semakin hijau,” ujarnya.
    Dalam ajang tersebut juga merupakan wahana berkumpulnya petugas Humas atau Pamong Saka Wanabakti Perum Perhutani Unit II Jawa Timur untuk berbagi pengalaman dalam pembinaan Saka Wanabakti di daerahnya.(jal)

Advanced Search

   Produk SKPD