DESK PILKADA JATIM TARGET 75 PERSEN ANGKA PEMILIH

Rabu, 26 Juni 2013 | 17:06


Desk Pilkada Provinsi Jawa Timur menargetkan 75 persen lebih angka pemilih yang saat ini sudah masuk dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) akan menggunakan hak pilihnya dalam proses pemilihan gubernur pada 29 Agustus 2013.
Untuk penuhi target ini,  Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Desk Pilkada Jawa Timur Rasiyo meminta seluruh unsur Desk Pilkada hingga tingkat kabupaten/kota gencar melakukan sosialisasi. "Sosialisasi caranya bisa bermacam-macam. Prinsipnya pilkada harus digelar sukses. Ukurannya ya minimal 75 persen pemilih gunakan hak pilihnya," ujarnya, Rabu (26/6).
Menurutnya, saat ini Desk Pilkada telah menginstruksikan seluruh unsur mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Dinas Komunikasi dan Informatika, serta biro Humas di seluruh daerah di Jawa Timur berperan aktif mensosialisasikan pentingnya pilkada secara langsung ini.
Menurut Rasiyo, jumlah DP4 yang saat ini sudah diserahkan ke KPU untuk dilakukan verifikasi sebanyak 29.515.183 jiwa. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah karena KPU saat ini sedang melakukan verifikasi untuk menjadikan DP4 menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Pilkada, kata Rasiyo, merupakan tahapan paling demokratis untuk mencari pemimpin yang disukai dan sesuai dengan keinginan masyarakat Jawa Timur. Dengan pilkada yang lancar, maka demokratisasi di Jawa Timur dipastikan akan semakin kuat sehingga mampu mewujudkan local accountability, political equity serta local responsiveness yang baik. "Inilah tujuan sejati dari desentralisasi yang saat ini terjadi," pungkasnya. (fad)

Advanced Search

   Produk SKPD