LELANG AGROBIS, SAPI TIMBANG HIDUP DIJUAL RP 33 500/KG

Rabu, 26 Juni 2013 | 08:15


Sapi potong timbang hidup dijual dengan harga Rp 33 500/kg di Lelang Agribis ke 106 yang di diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim di Puspa Agro Jemundo Sidoarjo. Sapi potong memperoleh transaksi Rp 15,075 miliar atau 77,71 miliar dari total transaksi.
    Kepala Seksi Standarisasi Perlindungan Konsumen Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jatim sekaligus Panitia Lelang Komoditi ke 106, Eka setiyabudi, di sela-sela Lelang agribis ke 106 di Pasar Induk Puspa Agro Jemundo, Sepanjang Sidoarjo, Selasa (25/6) sore mengatakan, transaksi sapi potong jenis Brahma kali ini telah menggeser transaksi makanan pokok beras dan komoditi lainnya. Sementara harga daging eceran dipasar-pasar tradisional di Jatim saat ini rata-rata sekitar Rp 80 000-85 000/kg.
          Jakarta, Bandung, Kalimantan dan Indonesia Timur hingga sampai saat ini masih menjadi pasar potensial hasil pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan Jatim.  Pada setiap lelang pedagang-pedagang dari kota-kota tersebut selalu memborong berbagai komoditi asal Jatim seperti beras, sapi potong, buah dan sayur-mayur.
    Menurut Eka, sampai saat ini sapi potong asal Jatim selain untuk kebutuhan sendiri juga dijual kedaerah lain di Indonesia yang masih kekurangan daging. Menurut data BPS Jatim tahun lalu, setiap tahunnya Jatim bisa menghasilkan ternak 4,7 hingga 4,9 juta ekor sapi sementara untuk kebutuhan konsumsi cuma 400 ribu ekor per tahunnya.
Setiap tahunnya sapi yang dilahirkan diJatim mencapai satu juta ekor. Dengan data tersebut sebenarnya Jatim surplus sapi lebih dari 4 juta ekor per tahunnya. Kelebihan sapi di Jatim untuk kontribusi nasional sekitar 32 persen
Lelang yang dimulai sekitar pukul 09.00 hingga pukul 15.00  yang menghasilkan transaksi Rp 19,400  miliar juga diperoleh dari transasi makanan pokok jagung volume 150 ton harga Rp 3 300/kg total transaksi Rp 1,980 miliar atau 10,21 persen dari total penjualan.
     Kemudian cabe rawit asal tuban volume 60 ton harga Rp 17 500/kg total transaksi Rp 1,050 miliar, cengkeh volume 50 ton harga Rp 9 000/kg total Rp 450 juta dan rumput laut katoni volume 80 ton harga Rp 10 500/kg total transaksi Rp 850 juta
 Lelang menjelang Puasa dihadiri cukup banyak pedagang dan pembeli dari berbagai daerah di Indonesia khususnya dari Bandung, Jakarta, Semarang dan Indonesia Timur. Para pedagang dari daerah tersebut diatas banyak yang mencari sembako, sayur, buah dan makanan ringan untuk persiapan Puasa
Komoditi yang ditawarkan pada lelang cukup beragam bahkan ada beberapa  UKM yang membawa hasil produksinya seperti kerupuk sayur-sayuran dan buah-buahan. Sapi potong, buah sayur dan makanan pokok beras cukup banyak diminati para pembeli dari Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Untuk lelang kali ini tidak ada transaksi beras, pada hal setiap lelang biasanya komiditi beras menjadi incaran pedagang dari Bandung dan jakarta
            Lelang kali di Puspa Agro diikuti lebih dari 450 penjual pembeli dari berbagai daerah di Indonesia dan kabupaten/kota di Jatim Untuk lelang komoditi yang akan datang akan diselenggarakan di Pupa Agro Sepanjang, Sidoarjo pada minggu ke tiga Juli 2013. (ryo)

Advanced Search

   Produk SKPD