POSPENAS VI GORONTALO, JATIM BERTEKAD PERTAHANKAN GELAR JUARA

Jumat, 21 Juni 2013 | 13:10


            Jawa Timur bertekad mempertahankan gelar juara pada Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (POSPENAS) VI di Gorontalo 24-30 Juni mendatang. Berbagai persiapan matang telah dilaksanakan, harapannya kontingen Jawa Timur bisa membawa kembali piala kejuaraan Pospenas VI 2013.

            “Kita bertekad mempertahankan tradisi juara. Apalagi jumlah pesantren Jawa Timur terbanyak tingkat nasional,” ungkap KaKanwil Kemenag Jatim Sudjak dikonfirmasi Jumat (21/6).

             Menurutnya, Pemprov Jatim telah menyediakan bonus bagi atlet-atlet Jatim yang bisa meraih emas dan mampu mempertahankan gelar juara. “Besarannya belum bisa kita umumkan. Tetapi untuk memberikan motivasi kita sudah siapkan bonusnya.” tutur mantan Kabiro di IAIN Sunan Ampel Surabaya ini.

            Sementara itu Mahazin Kabid Pontren Kanwil Kemenag Jatim menambahkan, Pospenas VI Gorontalo, Jatim mengirimkan 222 kontingen dan offisial yang berjumlah 222 orang. Pelepasan Kontingen akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur pada 23 Juni mendatang di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

            Berbagai persiapan telah dilakukan Jawa Timur dalam even tiga tahunan tersebut. Di antara persiapan itu, adalah seleksi calon delegasi. Ini seperti yang tampak pada akhir April lalu di Kanwil Kemenag Jatim. Pada tanggal 20 April digelar seleksi calon kontingen di antaranya bidang Kaligrafi, Pidato dan Cipta Puisi. Sedangkan pada tanggal 23 April 2013 giliran calon kontingen Bidang Qosidah, Hadrah dan Stand Up Comedy dipilih dan dipilah oleh para dewan juri. Adapun peserta seleksi sendiri berasal dari juara tiga besar pada Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pesantren tingkat Daerah (POSPEDA) Jawa Timur pada 22-27 September di Jombang tahun lalu.

            Hhasil dari seleksi bidang seni ini, M. Andul Qodir Izzi dari PP. Dalwa Raci Pasuruan dan Shovi Maryam santri Ma’had Al Qalam ditetapkan menjadi kontingen bidang Pidato Bahasa Arab. Sedangkan Faris Salman Al Farisi (PP. Syaichona Cholil II) dan Zainur Ratna Savitri (PP. Darul Ulum Jombang) menjadi kontingen bidang Pidato Bahasa Inggris. Delegasi Jatim bidang Pidato bahasa Indonesia dipercayakan kepada Hafidzotur Rofi’ah (PP. Amanatul Ummah) dan Mumammad Sidiq P. (PP. Darussalam Blokagung Banyuwangi).

            Sementara itu, Ahmad Muhammad Alawi (PP. Qomaruddin Bungah Gresik) dan Rohmatul Faizah (PP. Al Khodijah Mojokerto) mengemban amanat sebagai delegasi bidang Cipta Puisi. Adapun Septian Rafi’a (PP. Darul Huda Ponorogo) dan Inthidhomil (PP. Darus Sholah) akan bertanding pada cabang Kaligrafi Kontemporer.

            Sedangkan pada cabang Kaligrafi Murni menjadi tugas Ma’ruf Zulfa asal PP Langitan Tuban dan Sofiyatur Rohma yang merupakan santri PP. At Thohiriyah Bungah Gresik. Pada cabang seni yang lain seperti Qosidah putra diwakili santri asal Pondok Sunan Kalijaga Nganjuk. Sedangkan Qosidah putri diemban para santri dari PP. Amanatul Ummah Surabaya.

 Adapun cabang baru yang dipertandingkan pada POSPENAS VI ini yakni Stand Up Comedy dipercayakan kepada comic – sebutan bagi seorang stand up comedy - asal PP. Baitul Hikmah, Imam Wahyudi dan santri PP. Amanatul Ummah, Debby Rofian. (fad)

Advanced Search

   Produk SKPD