HARI INI, KPU JATIM GELAR TES KESEHATAN PASANGAN KARSA

Senin, 17 Juni 2013 | 14:01


    Setelah tiga pasangan calon gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) melakukan tes kesehatan. Kali ini KPU Jatim kembali menggelar tes kesehatan pasangan Soekarwo-Syaifullah Yusuf (KarSa) di Graha Amerta RSUD Dr. Soetomo, Senin (17/6).

    Dalam pantauan di lapangan, Cagub Soekarwo mendatangi Graha Amerta sekitar pukul 06.45 WIB lebih awal dari Gus Ipul. Ia langsung menuju ke lantai 2 ruang General Check up. Proses check-up Soekarwo tergolong cepat. Sekitar 2 jam berlalu, keluar dari ruangan poli kesehatan. Sedangkan Cawagub Saifullah Yusuf mendatangi Graha Amerta sekitar pukul 08.00 WIB.

    Komisioner KPU Jatim Divisi Hukum, Agung Nugroho di Graha Amerta, Senin (17/6) mengatakan sebelum dilakukan penetapan terhadap pasangan calon yang dinyatakan lolos, maka setiap pasangan yang maju dalam Pemilukada Jatim harus mengikuti syarat-syarat yang telah ditetapkan di antaranya tes kesehatan. "Ini merupakan salah satu syarat wajib, karena nantinya tim dokter memutuskan mampu atau tidak jadi pasangan bacagub-bacawagub menjadi gubernur," ujarnya.

    Dengan hasil pemeriksaan kesehatan ini diharapkan keluar pada 23 Juni. Dan hasilnya akan menjadi bahan pertimbangan di rapat pleno KPU Jatim pada 8-16 Juli untuk menentukan apakah kandidat tersebut lolos atau tidak. ‘’Dari hasil itu semua akan menjadi dasar keputusan bagi KPU untuk meloloskan calon,’’ imbuhnya.

    Sementara itu penanggungjawab tes kesehatan bacagub-bacawagub, dr. Dodo Anondo mengatakan untuk tahap awal ini pasangan calon pemilukada KarSa sudah menjalani semua tes kesehatan. “Tes kesehatan terhadap pasangan KarSa sama seperti tiga Cagub dan Cawagub yang sebelumnya sudah di tes yaitu general check-up, tes fisik dan laboratorium,” ujarnya.

    Ia menambahkan, pasangan KarSa dijadwalkan akan menjalani tes terakhir yakni tes psikologi pada hari Selasa (18/6) besok. Pasangan ini bakal mengerjakan sekitar 500 soal atau pertanyaan yang disiapkan tim dokter. “Setelah diperiksa satu persatu para calon ini akan kami serahkan ke KPU Jatim pada tanggal 22 Juni 2013 mendatang,” ujarnya.

    Sementara itu Cagub Soerkawo mengatakan Alhamdulillah tes ini pertama berjalan dengan lancar. “Tes ini biasa, karena saya setiap hari menjalani tes seperti ini dan saya yakin akan lolos tes kesehatan ini, termasuk pada tes psikologi pada selasa besok,” ujarnya.

    Sebelumnya, KPU Jatim juga menggelar tes kesehatan terhadap tiga peserta calon Pemilukada Jatim di Rumah Sakit Graha Amerta Surabaya. Dimana tes kesehatan merupakan satu rangkaian syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pasangan cagub cawagub yang ingin lolos dalam Pemilukada Jatim. Dimana sesuai jadwal tes kesehatan dibagi dua. Pertama pada tanggal 12-13 Juni 2013, dan yang kedua pada tanggal 17-18 Juni 2013. (pca)

Advanced Search

   Produk SKPD