HARI INI BATAS AKHIR PELUNASAN BPIH JATIM

Rabu, 12 Juni 2013 | 15:42


    Kementerian Agama Jawa Timur mengumumkan hari ini, Rabu (12/6) merupakan batas akhir pelunasan biaya penyelengaraan ibadah haji (BPIH) musim haji tahun ini.

    "Hari ini batas akhir pelunasan, karena mereka kan sudah ada kepastian berangkat, sebenarnya kita harapkan sebelum tanggal 12 sudah melunasi " Kata Kepala Bidang Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kemenag Jatim Ashuri, Rabu (12/6).

    Menurutnya, untuk memberikan layanan optimal kepada cara Calon Jamaah haji (CJH) pihak Kementerian Agama Jawa Timur telah melakukan persiapan manajerial dengan melakukan koordinasi secara internal dan eksternal seperti dengan pihak Dinas Kesehatan, Rumah Sakit serta Kanwil Hukum dan HAM Jawa Timur

 

    Sementara untuk pelunasan biaya perjalanan ibadah haji, pihak Kemenag Wilayah Jawa Timur memakai sistim satu tahap. Menurut Ashuri, pihaknya memberikan batas waktu akhir pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji BPIH tahun berangkat 2013 sampai tanggal 12 Juni.

    Ashuri menambahkan untuk tahun ini kuota calon jamaah haji Jawa Timur sebanyak 33.963 jamaah, jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu.

    " tahun 2012 kuotanya berjumlah 33.690 jamaah, " ujar Ashuri ketika dihubungi RRI Surabaya Senin, 10 Juni 2013.

    Sementara untuk jadual keberangkatan jamaah haji reguler asal Indonesia direncanakan dimulai pada tanggal 10 September 2013

    Sejumlah daerah di Jatim telah melakukan pelunasan, di Bojonegoro

    Sebanyak 14 dari 1.039 calon haji Bojonegoro, Jatim, sampai Rabu pukul 12.00 WIB belum melunasi biaya penyelengaraan ibadah haji (BPIH) musim haji tahun ini.

    Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Bojonegoro Wakhid Priyono, mengatakan, pihaknya sudah berusaha menghubungi 14 calon haji yang belum melunasi BPIH melalui telepon, karena batas terakhir pelunasan hari ini pukul 14.00 WIB.

    Sesuai ketetapan Pemerintah biaya BPIH musim haji tahun sebesar 3.619 dolar Amerika Serikat, sehingga calon haji harus melunasi kekurangan BPIH sekitar Rp15 juta, karena tabungan CJH di bank sebesar Rp 20 juta. (fad)

 

Advanced Search

   Produk SKPD