KINERJA PEMDA JAWA TIMUR BERPREDIKAT TERBAIK NASIONAL

Kamis, 25 April 2013 | 11:29


Prestasi gemilang kembali ditorehkan Provinsi Jawa Timur di pentas nasional. Yakni, berhasil menjadi provinsi terbaik dalam kinerja Pemerintahan Daerah. Jawa Timur mengungguli Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sulawesi Selatan.


Pemberian penghargaan diberikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (25/4). Pemeringkatan Hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2012 ini berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) selama Tahun 2010 dan 2011.


Untuk tingkat gubernur, terpilih tiga terbaik, yakni peringkat satu Gubernur Jawa Timur, peringkat dua Gubernur Jawa Tengah, dan peringkat tiga Gubernur Sulawesi Selatan.
Sementara untuk tingkat kabupaten/kota dipilih 20 terbaik. Jawa Timur ada enam, yakni kabupaten Tuban, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pacitan, Kota Madiun, dan Kota Mojokerto.


Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan wujud apresiasi pemerintah atas segala upaya dan daya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menjadi yang terbaik di negeri ini. Tujuannya, agar terwujud prinsip prinsip otonomi daerah yang lebih mandiri, maju, dan sejahtera dalam kerangka NKRI.


"Saya ucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada gubernur dan bupati walikota yang terpilih menjadi terbaik. Pertahankan prestasi ini untuk terus menjadi yang terbaik dan contoh daerah lain. Biarlah masyarakat yang nantinya menilai dan membuktikan prestasi ini," tegasnya. 

 
Ia berharap, dengan penghargaan prestasi yang diberikan akan dapat memacu pemerintah daerah seluruh Indonesia untuk menjadi terbaik dalam mencapai tujuan demokrasi dan kesejahteraan. "Bapak Presiden berulangkali mengatakan bahwa pemberdayaan prinsip prinsip otonomi daerah harus terus dilakukan agar bangsa menjadi maju dan sejahtera," ujarnya.


Saat ini, terdapat 34 provinsi, 409 kabupaten dan 93 kota dengan berbagai karakteristiknya. Atas dasar itu, maka kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah telah menjadi konsensus pendiri bangsa untuk mengelola NKRI.


Pada kesempatan itu, Mendagri juga memberikan penghargaan Satya Lencana Bhakti Praja Nugraha kepada 22 bupati/walikota. Jawa Timur ada empat bupati/walikota antara lain Bupati Jombang, Bupati Bojonegoro, Walikota Probolinggo, dan Walikota Mojokerto.


Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-17 Tahun 2013 Mengambil tema "Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kapasitas Pemerintahan Daerah untuk Percepatan Kesejahteraan Masyarakat". (put)

Advanced Search

   Produk SKPD