GUBERNUR RESMIKAN BMT AS-SHIFA SEPANJANG SIDOARJO

Selasa, 22 Januari 2013 | 17:53


Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo meresmikan Baitul Mall Wa Tamlit  (BMT) As-Syifa Sepanjang, Taman Sidoarjo. Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo meresmikan Baitul Mall Wa Tamlit  (BMT) As-Syifa Sepanjang, Taman Sidoarjo. Meski belum genap satu tahun berdiri, keberadaan BMT As-Shifa mampu memberi manfaat bagi para pedagang pasar sepanjang, karena bisa terhindar rentenir yang selama ini memberlakukan bunga tinggi pada pedagang.
Gubernur Soekarwo saat meresmikan mengatakan, karena mampu mendongkrak ekonomi mikro, Pemprov melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan memberikan hibah dana, agar mampu menambah pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan. "Prinsipnya, kalau labelnya syariah, ya jangan seperti bank konvensional," kata Gubernur Soekarwo, Selasa (22/1)
Menurutnya, konsep bank syariah mengajarkan dua arti penting. Pertama sebagai penggerak ekonomi rakyat dan kedua sebagai simbol kejujuran. Karena di dalam konsep syariah menurut Islam, harus ada pembagian keuntungan (Mudharabah).
Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Direktur BMT As Shifa H Junidian Muhammad Hasan mengatakan, sejak berdiri pada april 2012, saat ini telah menerima simpanan sebesar Rp 88.997.500 dengan 154 tabungan. Sedangkan untuk pembiayaan usaha, sampai Januari 2013, telah mencairkan pinjaman sebesar Rp 68.880.000, dengan 41 nasabah pembiayaan.
Junidian menjelaskan, berdasarkan penelitian litbang BMT, potensi pasar sepanjang sangat besar dalam bidang lembaga keuangan mikro. Ini karena, perputaran uang dipasar sangat besar, sehingga membutuhkan lebih banyak lembaga keuangan mikro.
Melihat potensi ini, Lanjut Junidian, BMT As-Shifa ingin berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi daerah kerakyatan yang berbasis syariah, dengan kembali menambah biaya pembiayaan permodalan bagi masyarakat kecil, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). (fad/pno)

Advanced Search

   Produk SKPD