PENGUSAHA P3I JATIM BERHARAP BERKAH IKLAN POLITIK DI 2013

Kamis, 17 Januari 2013 | 12:09


Para pengusaha yang tergabung dalam Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jawa Timur berharap periklanan outdoor akan didominasi oleh segmen politik di tahun 2013.
    Sekretaris Umum P3I Jatim, Agus Winoto, saat dikonfirmasi, Kamis (17/1) mengungkapkan, mulai tahun lalu sebesar 40 persen, periklanan outdoor lebih didominasi oleh golongan politik. Dan diharapkan pemilihan Gubenur Jatim tahun ini bisa naik hingga 50 persen, sehingga bisa menutupi kekhawatiran para pengusaha periklanan.

"Pendapatan perusahaan periklanan di Jatim pada tahun 2012 lalu pun cukup menggembirakan, mencapai Rp 11,9 triliun. Besaran ini di kisaran 10% dari total pendapatan belanja iklan secara nasional yang mencapai Rp 119 triliun," tandasnya.

Meskipun berharap banyak pada pendapatan iklan outdoor politik. Namun P3i juga mengakui jika porsi konsumsi pelanggan terbesar  iklan mengalami penurunan. Haris Poerwoko Ketua Umum P3I Jatim  mengatakan Penurunan omsetnya pun semakin besar, usai regulasi perusahaan rokok pun diperketat.

"Penurunan akibat besarnya pajak reklame sudah kami rasakan beberapa tahun belakangan ini. Dan tahun ini ditambah lagi dengan adanya aturan ketat tentang rokok yang semakin membuat pengusaha rokok masih enggan menggunakan papan reklame outdoor. Padahal perusahaan rokok merupakan salah satu pelanggan terbesar kami," Haries Purwoko.

Dikatakan, selama ini pelanggan terbesar P3I di Jatim adalah perusahaan rokok dan telekomunikasi yang porsi keduanya hampir mencapai 40 persen lebih. Namun kini karena aturan perpajakan yang semakin memberatkan, perusahaan lebih suka memasang reklame di luasan yang lebih kecil karena beban pajaknya lebih ringan dan tak ribet dalam pengurusan izin. (Mad)

Advanced Search

   Produk SKPD