POLDA BENTUK TIM KHUSUS KEJAR 15 DPO CURANMOR

Kamis, 17 Januari 2013 | 12:07


    Setelah berhasil mengamankan lima tersangka spesialis pencuri kendaraan bermotor di area parkir dan perumahan. Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur membentuk tim khusus untuk melakukan pengejaran terhadap 15 Daftar Pencarian Orang (DPO) pencurian kendaraan bermotor (Ranmor).

    Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Hilman Thayib di Mapolda Jatim, Kamis (17/1) mengatakan, tim khusus ini nanti dipimpin oleh Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Heru Purnomo untuk melakukan pengejaran terhadap 15 DPO tersebut.

    "Kami masih melakukan pengejaran. Identitas mereka sudah ada di kami, dan pembentukan tim khusus ini perintah langsung dari Kapolda Jatim," tandas Kabid Humas Polda Jatim saat didampingi Kasubid Penmas Polda Jatim AKBP Suhartoyo.

    Ia menjelaskan, pembentukan tim khusus ini bertujuan agar kondisi di Jawa Timur aman, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya dengan nyaman, dan kasus kriminal di Jatim dapat di ungkap segera.

    Pihaknya juga akan menggunakan metode pengawasan melekat melibatkan informasi masyarakat juga dioptimalkan. "Pola Kring Serse akan kita optimalkan dengan menempatkan reserse di tempat-tempat rawan. Polisi harus kerja keras untuk menangkap dan menutup ruang gerak mereka," ujarnya

    Ia menambahkan, Polisi juga membuka catatan pelaku-pelaku lama kejahatan curanmor. Mereka akan terus dimonitor gerakannya dan akan ditindak jika tertangkap tangan saat beraksi. "Konsentrasi pengawasan kami di perumahan, kos-kosan, kantor, parkir tidak resmi, juga parkir resmi. Tempat-tempat itu akan disebar polisi," ungkapnya.

    Ia mengimbau kepada masyarakat agar terus waspada dan terus beraktivitas seperti biasa. Petugas siap menindaklanjuti berbagai ancaman aksi premanisme atau apapun kriminal lainnya sampai tuntas. Sebagaimana penyelesaian kasus-kasus sama lainnya sebelumnya.

    “Kami juga mohon dukungan informasi warga di Jatim diharapkan jangan segan-segan melaporkan jika mengetahui peristiwa meresahkan apa pun kepada polisi terdekat,” ujarnya.

    Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Heru Purnomo mengatakan, belasan buron ranmor ini berasal dari empat kelompok pencuri yang berbeda. Namun, mereka adalah kelompok yang sering beroperasi mencuri kendaraan bermotor di area parkir umum dan perumahan. "Jadi ada dua modus pencurian yang dilakukan para tersangka ini. Ada yang menyasar areal parkir dan ada lagi yang menyasar motor yang ada di dalam rumah," paparnya.

    Sementara itu, lima tersangka ranmor yang telah mendekam di tahanan Resmob Polda Jatim akan dijerat Pasal 363 KUHP. Mereka terancaman hukuman empat tahun penjara.

    Sebelumnya, polda menangkap lima pencuri motor yang rajin beraksi di area parkir dan perumahan dibekuk. Kelima tersangka tersebut yaitu MK alias Tompo (41) warga Lumbang, Sidoarjo, S (38) warga Kapas Madya Surabaya, F (29) warga Kedurus, Karangpilang Surabaya, N (33) warga Kedundung Sampang Madura dan BAS (22) warga Joyoboyo Surabaya. (pca)

Advanced Search

   Produk SKPD