KLOTER PERTAMA JAMAAH HAJI JATIM TIBA DI SURABAYA

Jumat, 2 November 2012 | 08:21


jamaah  haji kloter 1 dari Kabupaten Bojonegoro ini setelah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Timur SyaifullahTepat pukul 13.25, pesawat dari maskapai Saudi Arabia Airlines yang membawa jamaah haji Jatim tiba di  Bandara  Internasional Juanda, Kamis (1/11/2012).

Pesawat yang membawa 443 jamaah  haji kloter 1 dari Kabupaten Bojonegoro ini setelah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah serta jajaran Kanwil Kemenag Jatim.

Ketua kloter 1 Bojonegoro Masduki MM, di hadapan Wagub Syaifullah Yusuf melaporkan, selama proses melaksanakan ibadah haji kloter pertama mampu menjalankan dengan lancar. Masduki menceritakan jika selama di madinah, kloter pertama menempati hotel yang fasilitasnya memadahi serta jarak tempuh antara hotel dengan tempat ibadah hanya berjarak sekitar 200 meter. "Sedangkan di Makkah jarak penginapan dengan masjidil haram hanya 2 kilometer dan mudah diakses karena fasilitas transportasi bus yang memadahi,"katanya. Demikian hal nya dengan chatering, tahun ini diakui Masduki, masakannya sudah sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Masduki juga melaporkan  satu anggota jamaahnya meninggal dunia di tanah suci atas nama Chasib bin Moch Rahmat akibat terkena gangguan sistem sirkulasi. "Tetapi  Alkhamdulilah Certificate Of Death sudah kita dapatkan (COD). Tetapi yang COD dari Jeddah belum terselesaikan. Kami minta bantuan dari PPIH agar segera diuruskan,"ungkapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama yang tahun ini telah memberikan pelayanan maksimal bagi jamaah haji Jatim. "Secara keseluruhan semua proses pelaksanaan haji tahun ini lancar, hanya ada beberapa catatan yang mungkin tahun depan bisa lebih diperbaiki,"kata Wagub Syaifullah Yusuf.

Beberapa catatan tersebut diantaranya, masalah penyelundupan buku nikah palsu, paspor palsu serta masih banyak masyarakat yang tertipu KBIH sehingga gagal berangkat. "Pemprov merekomendasikan ada sanksi tegas bagi mereka (KBIH) yang nakal. Agar kedepan tidak ada masyarakat yang menjadi korban,"paparnya.

Seperti diketahui, setelah kedatangan kloter pertama, hari ini secara bergelombang berurutan tiba  kloter kedua juga dari Bojonegoro pada pukul 15.25. Kloter tiga dari Bojonegoro dan  Nganjuk tiba di  pukul 17.20. Dan kloter empat dari Nganjuk  sebagian dari  Surabaya dijadwalkan tiba  pada pukul 19.25. (Fad/foto;busan)

Advanced Search

   Produk SKPD