PERWOSI GELAR PELATIHAN WASIT PUTRI BOLA VOLI

Senin, 22 Oktober 2012 | 07:27


Persatuan wanita olahraga seluruh Indonasia (Perwosi) Jawa Timur mengadakan pelatihan wasit putri untuk cabang olah raga bola voli, pada 20-21 Oktober di Diklat Pekerjaan Umum wilayah IV Surabaya.
    Ketua Perwosi Jatim, Dra H Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, dipilihnya pelatihan wasit putri bola voli dengan pertimbangan bahwa perwosi sebagai wadah organisasi wanita olahraga Indonesia yang dapat membantu dan membimbing wanita dalam meningkatkan kecintaan berolahraga. Selain itu olahraga bola voli juga merupakan olah raga yang sudah sangat memasyarakat.
    Menurutnya, olahraga yang semula bertujuan untuk mencapai kesejahteraan jasmani dan rohani namun kenyataannya olahraga dipercaya dapat membentuk kepribadian bangsa, semangat pantang menyerah dan sportivitas.
    Selain itu, dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa dan pemersatu bangsa, kini olah raga telah menjadi hiburan yang menarik bahkan kini olahraga merupakan suatu profesi yang memberikan peluang kerja bagi atlet dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
    Secara umum perempuan atau wanita telah sejalan dengan olah raga laki-laki. Memang olah raga tidak membatasi gender sekalipun olah raga itu olah raga keras dan beresiko tinggi seperti gulat, panjat tebing, tinju ataupun angkat besi.
    Telah banyak prestasi membanggakan yang telah diraih wanita Indonesia seperti Sea Games, Asia Games maupun olimpic games serta PON. Namun kalau dilihat dari keikut sertaan perempuan dibanding dengan laki-laki menunjukkan bahwa laki-laki jauh lebih banyak dari wanita, padahal wanita Indonesia jauh lebih banyak dari laki-laki.
    Hal itu juga terjadi pada peran serta wanita di dunia perwasitan. Banyak cabang olah raga prestasi yang tidak memiliki wasit putri, termasuk pada cabang olah raga bola voli sehingga wasit putri di olah raga bola voli sangat langka.
    Sebagai informasi, bahawa wasit putri cabang olah raga bola voli di tingkat nasional hanya satu orang yakni berasal dari Papua, oleh karena itu tepat sakali kalao perwosi Jatim menyelenggarakan perlatihan wasit putri ini.
Diharapkan, para peserta agar benar-benar memahami dan memperhatikan ilmu perwasitan yang disampaikan para instruktur mulai dari sejarah dan teknik perkembangan bola voli, teknik permainan, skoring dan perwasitan serta permasalahannya.(ern)

Advanced Search

   Produk SKPD