HARHUBNAS 2012, PELAYANAN TRANSPORTASI DI INDONESIA PERLU DIKEMBANGKAN

Senin, 17 Sepember 2012 | 13:43


Sekda saat Harhubnas 2012 di SidoarjoPemerintah akan terus berupaya untuk mengembangkan pelayanan transportasi di Indonesia. Untuk mewujudkan itu, diperlukan kerjasama dan saling bersinergi, mulai dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan pemerintah kabupaten/kota.
            Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Jatim Dr Rasiyo M.Si saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan (Menhub) RI E.E Mangindaan. Pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2012 ini bertema Melalui Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2012, Kita Tingkatkan Kebersamaan dan Kinerja Komunitas Perhubungan, di Lapangan Apel BP2IP Surabaya, Senin (17/9).
    Dia mengatakan, pada tema itu telah mengandung pesan tentang pelaksanaan pengembangan dan pelayanan transportasi yang hanya bisa terwujud dengan baik, ketika ada sinergi dan kerjasama antara Pemerintahan Pusat dengan Pemprov, Kab/Kota, Operator dan masyarakat.
              Menurutnya, pemenuhan kebutuhan pelayanan transportasi merupakan salah satu hak dasar setiap warga negara yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Melalui kebersamaan  serta kerjasama antara regulator, operator dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) maka akan bisa mewujudkan semangat dan kedisplinan serta mampu bersifat lebih peka dan tanggap terhadap fenomena persoalan yang berkembang. “Tentunya, hal itu harus tetap mengedepankan pada keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi setiap pengguna jasa pelayanan transportasi,” tuturnya.
              Karena itu, katanya, Kemhub Ri menghimbau kepada seluruh komponen terkait untuk merapatkan barisan dalam menangani seluruh permasalahan yang terkait reformasi birokrasi dengan melakukan antara lain terobosan baru (innovation breaktrough) terhadap pelayann transportasi kepada masyarakat secara bertahap, konkrit, realis, dan sungguh-sungguh.
              Lebih lanjut dia mengatakan, peringatan Harhubnas ini merupakan salah satu program reformasi birokrasi, Kementrian Perhubungan dengan memberikan penghargaan kepada Unit Pelakasana Teknis (UPT) dengan kinerja terbaik. “Melalui pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memacu semangat seluruh unit kerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Tetunya, dengan tetap mengutamakan prinsip-prinsip efektif, efisien, ekonomis dan ketaatan pada peraturan yang berlaku,” paparnya.
              Peringatan Harhubnas Tahun 2012 ini, lanjutnya, telah mengagendakan sejumlah kegiatan perlombaan maupun kegiatan bakti social yang dilaksanakan oleh jajaran perbubungan, baik di tingkat pusat, di daerah maupun perwakilan di luar negeri. Selain itu, peringatan Harhubnas ini dijadaikan wahana dalam meningkatkan prestasi sekaligus dapat memperkokoh rasa persatuan dan persaudaraan keluarga besar perhubungan.
              “Saya mengharap semangat, sportifitas dan kebersamaan kita semua dalam setiap penyelenggaraan acara dalam rangka memperingati Harhubnas ini untuk selalu dapat terus dipelihara dan dijunjung tinggi,” urainya. (ris,luk/foto;syi)    

Advanced Search

   Produk SKPD