SAMBUT LEBARAN, DINAS KOPERASI DAN UMKM GELAR PASAR RAKYAT

Rabu, 8 Agustus 2012 | 14:17


Naiknya sejumlah harga kebutuhan bahan pokok menjelang Lebaran, menjadi perhatian serius Pemprov Jatim. Merespon kenaikan harga tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM Jatim bersama mitra kerja menggelar Pasar Rakyat 2012. Kegiatan itu dilaksanakan tanggal 8 - 9 Agustus di halaman Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Jl. Raya Bandara Juanda mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, DR Fattah Yasin, Rabu (8/8) mengatakan, Pasar Rakyat 2012 ini dibuka oleh Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Neddi Rafinaldy Halim. Kegiatan ini juga akan diisi sebanyak 21 stand oleh beberapa mitra kerja dinas, yaitu dari Koperasi, UKM, Akrindo, Toyota, dan lain-lain.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian sembako murah untuk 11 desa/kelurahan di sekitar kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jatim. Sembako tersebut berisi beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, dan gula 2 kg ha.

Dikatakannya, kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk membantu mengurangi beban yang harus ditanggung masyarakat. Selain itu, dalam kegiatan pasar murah juga diperjualbelikan sejumlah hasil usaha UMKM yang menjadi binaan pemerintah.

Pasar murah ini memang digelar khusus bagi masyarakat kurang mampu, terutama untuk membeli barang-barang yang mengalami gejolak kenaikan harga menjelang Lebaran. "Karena itu, kami membuka pasar murah ini, dengan harapan bisa membantu masyarakat kurang mampu," katanya.

Salah satu warga ditemui mengatakan, dengan adanya pasar murah ini kesempatan untuk mendapatkan harga barang kebutuhan pokok yang lebih murah. Sehingga Ia harus rela mengantri. "Kesempatan mas, kapan lagi cuma dua hari," kata Murdiatmo.

Selain pasar murah, pemprov juga melakukan pembagian sembako gratis merupakan rangkaian dari program pembagian sembako gratis oleh Pemprov Jatim. Untuk tahun ini program tersebut dilakukan di 18 kabupaten/kota. Masing-masing paket berisi 5 kilogram (kg) beras premium, 1 liter minyak goreng, 5 buah mi instan, 2 kg gula pasir dan 450 mililiter (ml) kecap.

Menjelang Lebaran, harga sembako mengalami penurunan. Hal ini karena Pemprov Jatim terus memberi subsidi transportasi dan subsidi barang yang merata, baik di pasar kecamatan maupun pada pasar kabupaten. (jal)

Advanced Search

   Produk SKPD