BIDIKMISI, UT JEMBER BERI BEASISWA ANAK KURANG MAMPU

Kamis, 2 Agustus 2012 | 20:24


Dalam rangka memberikan kesempatan kepada warga masyarakat yang belum memiliki kesempatan mengikuti kuliah di perguruan tinggi karena keterbatasan biaya, Kini Universitas Terbuka Jember memberikan kesempatan kepada seluruh lulusan SLTA atau yang sederajad agar bisa mengenyam pendidikan Strata Satu (S-1) melalui program Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Berprestasi (BIDIKMISI).
Direktur UPBJJ-UT Jember, Dra Suparti MPd, Kamis (2/8) mengatakan, melalui program BIDIKMISI disediakan bagi 50 orang Mahasiswa/wi berprestasi dengan kategori kurang mampu untuk mendapatkan biaya pendidikan. Tidak hanya itu saja, Program BIDIKMISI juga menyiapkan biaya hidup bagi Mahasiswa/wi dari luar kota . Untuk program BIDIKMISI ini hanya berlaku bagi S-1 Agribisnis dan S-1 Ilmu Komunikasi, diberikan kesempatan bagi Mahasiswa/wi yang akan mendaftarkan diri sampai dengan 10 agustus 2012.
Dari seluruh Indonesia, yang mendapatkan jatah Program BIDIKMISI hanya 4 Kabupaten saja, yaitu Bogor, Jember, Makassar, dan Kupang. UT Jember baru tahun ini yang mendapatkan program BIDIKMISI tersebut. Jadi, sangat disayangkan sekali, jika masyarakat tidak mau memanfaatkan kesempatan tersebut. Hal ini disebabkan, bagi Mahasiswa/wi yang masuk program BIDIKMISI tersebut akan benar-benar di biayai oleh negara. “Ini kesempatan bagi masyarakat yang tidak mampu mengkuliahkan anaknya, karena dengan BIDIKMISI mahasisw/wi tidak akan dibebani oleh biaya apapun, bahkan bagi yang luar kota akan diberikan biaya hidup sebesar Rp 600.000 per bulan untuk masing-masing mahasiswa/wi,” tegasnya.
Saat disinggung mengenai persyaratan yang harus dilakukan oleh masyarakat yang ingin menjadi calon mahasiswa/wi BIDIK MISI. Suparti menerangkan bahwa untuk persyaratannya sangat mudah sekali, bahkan hampir sama dengan mendaftarkan diri di perguruan-perguruan tinggi pada umumnya. Namun, untuk program BIDIKMISI, mahasiswa/wi perlu melampirkan surat keterangan keluarga tidak mampu yang ditandatangani oleh Lurah, Kades, atau Kepala Dusun setempat.
Bagi masyarakat yang kurang mengerti dan paham, silahkan bisa dilihat dari website UT Jember, yaitu www.jember.ut.ac.id. Ia berharap kepada seluruh masyarakat di seluruh eks. Karesidenan Besuki, khususnya Jember, agar dapatnya memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah ini, karena dengan program BIDIKMISI ini akan memberikan kesempatan kuliah dengan beasiswa dari negara. (put)

Advanced Search

   Produk SKPD