TEKAN KRIMINALITAS, POLRESTABES SOSIALISASI SATU DESA SATU BABIN

Selasa, 10 Juli 2012 | 12:38


Guna mengantisipasi dan menekan angka kriminalitas di wilayah hukum Surabaya. Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menggelar sosialisasi satu desa satu babin kepada seluruh Polsek di Surabaya.
Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Suparti di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (10/7) mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan Jatim yaitu Dalam Satu Genggaman.
“Polres dan Polsek di Jatim merupakan garda terdepan dalam melayani masyarakat karena Polsek merupakan solusi pertama dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, juga ditekankan basis penegakan hukum secara humanis,” ujarnya
Ia menjelaskan, sosialisasikan program satu Babin (Bhayangkara Pembina) Kamtibmas (Keamanan Ketertiban Masyarakat) satu desa. Menurut Suparti, nantinya satu Babin akan mengawasi satu desa. Babin tersebut bertugas untuk mengenal karakter warganya, dan mendengar keluhan warga, sehingga ketika terjadi sesuatu dalam desa tersebut, Babin tersebut yang pertama menangani.
Dalam program ini, juga berbasis kecepatan Informasi Teknologi. Babin harus rajin mengirim data-data tentang desanya, misalnya seperti tokoh masyarakat, dan hal-hal lain mengenai desanya, ke Polda Jatim. Sehingga ketika Polda ingin mengetahui data-data, tinggal mengakses data-data tersebut.
“Pada intinya program ini, Polsek menjadi basis dini dalam hal pelayanan masyarakat, karena Polsek merupakan solusi pertama dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, juga ditekankan basis penegakan hukum secara humanis," ujarnya.
Ia menambahkan kegiatan sosialisasi satu desa satu babin dilakukan Jelang launching SPKT Polda Jatim, 16 Juli mendatang, karena Polda Jatim ingin menjadikan Polres, dan Polsek menjadi pelayanan utama bagi masyarakat. "Saat ini seluruh Polres di jajaran Polda Jatim melakukan hal serupa yaitu sosialisasi satu desa satu babin,” ujarnya. (pca)

Advanced Search

   Produk SKPD