BAZAR UKM FESTIVAL MAULID 1433 H HASILKAN TRANSAKSI RP 650 JUTA

Sabtu, 14 April 2012 | 10:00


Penyelenggaraan bazar multi produk dan UKM pada Festival Maulid 1433 H di Surabaya berakhir sukses dengan mampu mengumpulkan jumlah transaksi sebesar Rp 650 juta. Pencapaian ini meningkat sekitar 20 persen dari tahun 2011 lalu yang hanya mampu mengumpulkan Rp 480.100.000.
            “ Tahun lalu yang hanya 5 hari pelaksanaan menghasilkan 480.100.000, saat ini karena pelaksanaannya lebih lama, yakni 10 hari maka yang dihasilkan menjadi meningkat,”Kata Direktur Masjid Al Akbar Surabaya Endro siswantoro dikonfirmasi Jumat (13/4).
            Dia menuturkan, dari jumlah itu, penjualan busana muslim dan produk-produk kerajinan islami menyumbang transaksi terbesar. “Terbesar ke-tiga disumbang oleh penjulan kuliner dan makanan kecil,”Ungkapnya.
            Dengan hasil ini, Lanjut Endro, kedepan pihak panitia akan menggelar lebih besar dengan menggandeng pihak-pihak yang masih belum mengikuti pameran.
Seperti diketahui, pelaksanaan festival tahun ini, lebih meriah dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya hanya digelar 19 kegiatan, saat ini bertambah menjadi 23 macam kegiatan.
Termasuk dalam kegiatan bazar, panitia membuka potensi baru dengan menggandeng pasar agrobisnis Puspa Agro Jemundo Sidoarjo. Dengan partisipasi Puspa Agro, diprediksi tetap mampu meningkatkan kunjungan masyarakat ke Masjid Al-Akbar, karena akan dijual berbagai buah dan sayuran kualitas bagus dengan harga grosir.
UKM yang mengikuti pameran semuanya dari binaan Pemprov Jatim melalui sejumlah SKPD. Beberapa SKPD yang dilibatkan antara lain Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Biro Perekonomian, Badan Ketahanan Pangan, Badan Perpustakaan dan Arsip, serta Dinas Kominfo.
Selain itu, juga menyajikan wisata kuliner yang menyajikan produk makanan lokal olahan. Program difersifikasi makanan lokal dengan memanfaatkan sumber makanan non beras juga akan ditampilkan. (fad)

Advanced Search

   Produk SKPD