BESOK, TES TENAGA KONTRAK PERKEBUNAN DIGELAR DI IAIN SUNAN AMPEL

Rabu, 14 Maret 2012 | 12:04


Perekrutan tenaga kontrak pendamping (TKP) dan pembatu lapang petugas TKP (PLPTKP), yang digagas oleh Pemprov Jatim melalui Dinas Perkebunan Jatim telah melalui hasil seleksi administrasi. Selanjutnya, dari hasil seleksi itu, peserta bakal mengikuti tahap tes tulis dan wawancara yang digelar Kamis (15/3) besok di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya.
    Sekretaris Dinas Perkebunan Jatim, Drs Djumadi Widodo MM saat dikonfirmasi, Rabu (14/3) mengatakan, tes tulis akan dilakukan besok pada pukul 08.00 WIB di Gedung Self Acces Center (SAC) IAIN Sunan Ampel JL. A Yani 117 Surabaya. Bagi peserta yang ikuti tes diwajibkan berpakaian bebas rapi dan membawa peralatan tulis dan alat tulis tinta hitam.
    Ia menuturkan, untuk kebutuhan TKP dengan kriteria lulusan S1 Pertanian dibutuhkan sebanyak 36 orang. Dari proses seleksi administrasi, diketahui terdapat 84 peserta yang berhak ikuti tes tulis dan wawancara.
    Sedangkan PLPTKP dengan kriteria tenaga lulusan SLTA Pertanian sebanyak dibutuhkan sebanyak 108 orang. Dari hasil seleksi administrasi, diketahui hanya ada 64 peserta saja yang lolos.
    “Seluruh data peserta yang akan mengikuti tes tulis dan wawancara dapat dilihat di papan pengumuman Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur Jl. Gayung Kebonsari 171 Surabaya atau website di www.disbunjatim.go.id,” ujarnya. Untuk hasil dari tes tulis dan wawancara tersebut, juga bakal dipublis sama seperti hasil pengumuman seleksi administrasi.
    Bagi tenaga kontrak yang lolos perekrutan, kata dia, harus bersedia ditempatkan di lokasi manapun di wilayah Provinsi Jawa Timur. Selain itu, peserta yang lolos tidak diperkenankan menuntut diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan tidak akan menuntut pesangon atau ganti rugi apabila terjadi pemutusan hubungan kerja.
    Perlunya tenaga kontrak perkebunan ini, lanjut dia, karena selama ini Jatim telah dikenal sebagai sentra produksi gula nasional. Untuk dapat mencapai swasembada gula, Jatim pun terus berupaya mengembangkan areal tanam tebu diberbagai daerah. Untuk bisa merealisasikannya, Pemprov Jatim kini membutuhkan ratusan tenaga kontrak untuk dipekerjakan di perkebunan tebu.
    Upaya rekruitmen ini, sebagai tindak lanjut dari target Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo yang menginginkan pengembangan tebu di wilayah Pantai Utara Jatim, hingga target didirikannya pabrik gula baru. Untuk pengembangan tebu dan peluang berdirinya PG baru kini diupayakan di Lamongan, Bojonegoro, dan tuban, serta untuk Madura, yakni Bangkalan dan Sampang. (afr)

Advanced Search

   Produk SKPD