JATIM SIAP JADI TUAN RUMAH FESTIVAL MAULID NUSANTARA

Senin, 21 Februari 2011 | 13:36


Jawa Timur siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Maulid Nusantara 2012. Kesiapan ini karena telah tersedia sarana prasarana maupun pembiayaan.
Direktur Utama Masjid Al-Akbar Surabaya, Drs H Endro Siswantoro MSi dikonfirmasi, Senin (21/2) mengatakan, kepastian Jatim sebagai tuan rumah, setelah ditetapkan pada April mendatang. “Apabila kita ditunjuk untuk menyelenggarakan festival ini, kita akan siap dan bekerja maksimal. Jatim sudah menyiapkan prasarana maupun pembiayaannya,” katanya.
Festival ini merupakan perayaan tahunan memperingati hari lahir Nabi Muhammad dalam skala nasional. Kegiatan ini, terselenggara atas kerjasama kementerian agama, islamic center Jakarta dan pemerintah provinsi se-Indonesia. ”Karena acaranya tingkat nasional, peserta festivalnya juga dari  seluruh Indonesia. Maka  dari itu, panitia dituntut untuk menyiapkan akomodasi penginapan maupun transportasi selama festival,” ungkapnya.
Untuk penginapan peserta dan official (pendamping), direncanakan menggunakan tiga lokasi, yaitu Gedung Diklat Pemprov Jatim di Balong Sari, Gedung Diklat Kanwil Kemenag di Ketintang dan Gedung Masjid Akbar Surabaya. ”Ketiga lokasi ini, menurut hitungan panitia mampu menampung sekitar 3.000 peserta. Sehingga untuk tempat penginapan sudah tidak ada masalah,” katanya.
    Dia mengatakan, diperkirakan peserta dan official berjumlah 2.500 orang. Peserta ini akan memeriahkan festival dengan menampilkan berbagai macam kegiatan keagamaan, perlombaan keagamaan, kebudayaan tingkat nasional maupun kegiatan sosial ekonomi. Konsep kegiatan dalam perayaan festival ini sesuai dengan visi misi masjid sebagai pusat perkembangan peradaban Islam yang berbasis pada pengembangan ekonomi dan keagamaan.
Lebih lanjut dikatakan, sementara dalam pembiayaan, pihak MAS telah berkomunikasi dengan gubernur dan walikota Surabaya. “Kita sudah menghadap pak gubernur untuk mencari solusi pembiayaan. Apabila Jatim dipercaya  jadi tuan rumah, gubernur akan menginstruksikan semua SKPD (satuan kerja perangkat daerah, red) untuk membantu kepanitiaan dan pembiayaan,“ katanya.
    Sementara itu, dalam peringatan festival maulid tahun ini,  persiapan yang dilakukan MAS, sudah 70 persen. Diharapkan pelaksanaan festival lebih baik dari tahun 2010 lalu. Selain itu pada tahun ini panitia juga akan lebih meningkatkan koordinasi dengan masing-masing koordinator, supaya tidak ada tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.
        Festival Maulid ini akan mengangkat tema Teladani Rosulullah, Menjalin Ukhuwah Menuju Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghofur. Dengan tema ini diharapkan masyarakat  Jatim, senantiasa meneladani sifat Rosullulah SAW yang berakhlak baik, lebih meningkatkan persaudaraan antar sesama untuk membangun perekonomian lebih baik lagi.
Peringatan di Masjid Al-Akbar, dari tahun ke tahun semakin meriah dengan menggelar berbagai macam kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial lainnya. Pada tahun ini rencananya dimeriahkan dengan 19 macam kegiatan. Kegiatan Maulid ini akan berlangsung mulai  20 Maret sampai 27 Maret. Pada pembukaan festival panitia menyuguhkan bazar multi produk usaha kecil menengah (UKM), bursa buku, dan bursa makanan khas Jatim. Kegiatan bazar ini selain untuk memeriahkan festival juga bermaksud untuk mengangkat perekonomian Jatim melalui pameran produk-produk UKM.
Sementara itu, panitia juga akan menggelar kegiatan sosial, di antaranya dengan pemasangan KB susuk, pengobatan gratis, pembagian sembako gratis sampai sunat massal.
Dengan adanya berbagai macam kegiatan sosial tersebut Masjid Al-Akbar berusaha  memberi solusi permasalahan umat muslim di Jawa Timur salah satunya untuk membantu saudara-saudara muslim yang tidak mampu. Kegiatan sosial ini juga sekaligus sebagai wujud aplikasi visi masjid  terdepan dalam syiar Islam, pengembangan pendidikan, sosial budaya Islami menuju masyarakat yang berakhlak mulia.(fad)

Advanced Search


  • RANGKAIAN KEGIATAN MEMPERINGATI HARI JADIKE 69 PROVINSI JAWA TIMUR KE 69

  • Kamis, 16 Oktober 2014

    Festival kuliner Makanan Raja-raja Majapahit bersama Hari Pangan Sedunia
    Pukul: 09.00 s/d selesai
    Tempat: Lapangan Timur GOR
    Sidoarjo Pelaksana: 16 - 18 Okt 2014

  • Sabtu, 18 Oktober 2014

    Parade Seni Budaya Jawa Timur
    Pukul: 18.00 s/d selesai
    Tempat: Taman Candra Wilwatita
    Pelaksana: 16 - 18 Okt 2014

  • Gelar Seni Padang Rembulan
    Pukul: 19:00 s/d selesai
    Tempat:Pamekasan

  • Festival Sapi Sono'
    Pukul: 19:00 s/d selesai
    Tempat: Stadion R. Soenarto Hadiwidjojo, Pamekasan

  • Minggu, 19 Oktober 2014

    Jalan Sehat Peringatan hari Jadi 69 Prov. Jatim dan HUT Dispenda ke-52 Th. 2014
    Pukul: 06:00 s/d Selesai
    Tempat: Start dan Finish Halaman Gedung Negara Grahadi

  • Fun Bike
    Pukul: 06.00 WIB s/d SELESAI,
    Tempat: Tugu Pahlawan

  • Grand Final Kerapan Sapi Tradisional se-Madura
    Pukul: 08:00 s/d Selesai
    Tempat: Stadion R. Soenarto Hadiwidjojo, Pamekasan

  • Seminar Naional Kebudayaan
    PUKUL: 08.00 WIB s/d SELESAI,
    Tempat: Taman Candra Wilwatikta

  • Istiqhosah
    Pukul: 10:00 s/d Selesai
    Tempat: Tugu Pahlawan

  • Penutupan Jatim Fair 2014
    Pukul: 19:00 s/d Selesai
    Tempat: Grand City Surabaya

  • Selasa, 21 Oktober 2014

    Gelar Seni Padang Rembulan
    Pukul: 19:00 s/d Selesai
    Tempat: Bangkalan

  • Minggu, 26 Oktober 2014

    Superball Run (10K)
    Start: Tugu Pahlawan, Finish: Delta Plasa, SBY
    Pukul: 06:00 s/d Selesai
    Tempat: Tugu Pahlawan

  • Rabu, 29 Oktober 2014

    Pesta Rakyat dan Pentas Seni 2014
    Pelaksanaan: 29 Okt - 2 Nop 2014
    Pukul: 19:00 s/d Selesai
    Tempat: Lapangan Parkir Barat Stadion Gajayana Malang

  • Festival Keseniah Pesisir Utara
    Pelaksanaan: 20 Okt - 2 nop 2014
    Pukul: 10:00 s/d Selesai
    Tempat: Alun-alun Kab Sumenep

  • Kamis, 30 Oktober 2014

    Youth Market
    Pelaksanaan: 30 Okt - 2 Nop 2014
    Pukul: 10:00 s/d Selesai
    Tempat: Hal parkir timur Plasa Surabaya

  • Jumat, 31 Oktober 2014

    Pagelaran Wayang Kulit Dalang: Ki Anom Suroto
    Pukul: 19:00 s/d Selesai
    Tempat: Jl. Pahlawan Surabaya

   Produk SKPD