JUNI, PROYEK JALAN DAN JEMBATAN MERR MULAI TERSAMBUNG

Selasa, 20 April 2010 | 14:48


Pelaksana proyek pembangunan jalan dan jembatan Middle East Ring Road (MERR) II-C di kawasan Surabaya Timur, memastikan pada Juni proyek penyambungan mulai dikerjakan. Jalan tersebut nantinya akan tersambung dengan ruas Jl Arif Rahman Hakim akhir tahun ini yang sebelumnya di sebut MERR II-A dan B.
     Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Jalan dan Jembatan Metropolitan Surabaya Wilayah II, Departemen Pekerjaan Umum, Ir Sapri Rebo Ono Selasa (20/4) mengatakan, proses tender proyek telah selesai dilakukan. Dari total dana yang dialokasikan pemerintah pusat Rp 37 miliar, kontraktor pemenang tender hanya menawar Rp 26,1 miliar.
    Tahun 2010, pengerjaan proyek merupakan tahap terakhir pembangunan di ruas wilayah utara. Di wilayah tersebut, sebelumnya telah tersambung dengan Jl Kenjeran hingga akses jalan Jembatan Suramadu yang dimulai dari Jl Arif Rahman Hakim.
    Untuk menyelesaikan proyek di sisi utara, Pemerintah Kota Surabaya telah menyelesaikan pembebasan lahan. Semua warga pemilik lahan telah menerima harga penetapan pemerintah dan sebagian kini tinggal dilakukan pembayaran ganti untung.
    Tentang adanya bangunan musolla belum dibongkar. Sapri mengatakan, sebenarnya itu hanya tinggal nunggu waktu, karena masyarakat akan membongkar setelah musolla yang baru selesai dibangun.
    Sebelumnya, pada 2009 pelaksana proyek telah merampungkan pembangunan empat buat jembatan. Keempat jembatan tersebut, antara lain Jembatan MERR II-C dengan panjang bentang 117 m, Jembatan Pondok Nirwana 16 m, Jembatan Semampir  16 m, dan Jembatan Kali Perbatasan 35 m. Selain ke empat jembatan tersebut, pelaksana proyek juga telah merampungkan pembangunan terowongan Box Tunnel di Semampir sepanjang 5 m dengan tinggi 3 m dan lebar 40 m.  
      Pembangunan jalan dan jembatan MERR II-C sepanjang 6,45 km merupakan bagian dari rencana Jalan Lingkar Timur dalam Kota Surabaya sepanjang 10,925 km yang terdiri dari 3 ruas, yaitu MERR II-A sepanjang 1,626 km dari Kenjeran hingga Mulyorejo, jalan MERR II-B sepanjang 2,850 km dari jalan Mulyorejo keselatan menuju jalan Arif Rahman Hakim. Pembangunan jalan MERR II-B dimulai sejak tahun 1996 dan selesai tahun 1998 dilajutkan menuju ke utara kepembangunan jalan MERR II-A pada tahun 1998 dan karena adanya permasalahan pembebasan lahan, maka baru dapat diselesaikan pada 2007.           
Pembangunan jalan MERR II-C yang terhubung dengan MERR II-A dan B dimaksudkan agar arus lalu lintas dari Bundaran Waru menuju pusat kota yang selama ini menumpuk melalui jalan Ahmad Yani dapat terurai. Selain itu juga akan menjadi jalan akses utama dari Bandara Juanda menuju Jembatan Nasional Suramadu yang kini telah difungsikan. Keberadaan jalan dan jembatan tersebut juga untuk mengembangkan kawasan ekonomi baru di wilayah Surabaya Timur dan Selatan. (jal)

Advanced Search

   Produk SKPD