DEWAN FASILITASI P4S DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN PERTANIAN

Senin, 22 Februari 2010 | 14:32


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim melalui Komisi B akan memfasilitasi forum komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Jatim, untuk menjadi prioritas pemerintah dalam program pengembangan dan perberdayaan produk-produk pertanian.
    “Jika selama ini P4S selalu diidentikkan sebagai organisasi pertanian di bawah binaan Departemen Pertanian, namun kiprah P4S dalam kontribusinya cukup besar di Jatim sudah selayaknya pemprov juga memperhatikan keberadaan lembaga ini,” ujar Ketua Komisi B DPRD Jatim, Renville Antonio saat audiensi pengurus P4S di DPRD Jatim, Senin (22/2).
Dia mengatakan, sesuai dengan program Pemprov Jatim terkait sektor agrobis yang menjadi prioritas utama mengembangkan ekonomi, P4S akan sering diajak berkoordinasi dalam menentukan sektor-sektor pertanian.
    Selama ini rendahnya keterlibatan P4S dalam ikut serta menetukan program kebijakan di Jatim karena semata lemahnya komunikasi antara pengurus legislatif dan eksekutif. “Untuk itu dengan audiensi ini diharapakan awal mula dilibatkannya P4S dalam penetuan kebijakan tersbut” katanya.
    Renville menyontohkan, jika selama ini kiprah P4S adalah konsisten mengembangkan produk pertanian dari tingkat on farm sampai off farm, serta beberapa kegiatan pemagangan, maka jika mendapat perhatian serius organisasi ini akan menjadi motor penggerak meningkatnya program pertanian Jatim.
    Pola P4S sama seperti dengan yang dilaksanakan di Negara Thailand dimana pada awal mula merintis pertanian, negara tersebut membangun kesadaran kelompok tani dan  kooperatif membentuk satu wadah untuk bertukar pikiran demi kemajuan bersama.
    Komisi B berjanji audiensi ini menggelar sharing melibatkan stake holder maupun SKPD yang bertanggung jawab dalam pertanian. Antara lain, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Badan Ketahanan Pangan dan lainnya yang menjadi mitra komisi B.
    Anggota komisi B, Sumramba  mengatakan, sebenarnya komisi ini telah meminta kegiatan audiensi dilaksanakan sebelum APBD 2010 agar P4S mendapat perhatian dari pemerintah dalam sektor pendanaan. Dengan demikian Pemprov Jatim dan dewan akan mudah mempertimbangkannya. Namun karena kendala waktu koordinasi antar pengurus, maka audiensi ini dilakukan setelah digelarnya muswil P4S kemarin.
Ketua P4S Jatim, Totok Sudaryanto menuturkan, tahun 2010 Jatim akan menggelar forum wilayah P4S yang akan digelar bulan Juli di Banyuwangi. Forum tersebut merupakan forum evaluasi bersama dengan seluruh pengurus di Jatim dalam upaya pemantapan anggota sebelum dilaksanakan ekspose hasil P4S di kabupaten kota. Ekspose tersebut berupa kegiatan pameran seluruh produk pertanian yang dihasilkan petani P4S selama setahun.

Advanced Search

   Produk SKPD