POLWILTABES BERI PENGHARGAAN KEPADA POLRES DAN POLSEK

Rabu, 17 Februari 2010 | 15:27


Jajaran Kepolisian Wilayah Besar (polwiltabes) Surabaya menggelar upacara  pemberian penghargaan terbaik dan terburuk kepada polres hingga polsek di wilayah hukum polwiltabes, yaitu Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Upacara penghargaan digelar di lapangan Mapolwiltabes Surabaya, Rabu (17/2).
Wakapolwiltabes Surabaya, AKBP Setija Junianta usai acara mengatakan, kegiatan penghargaan merupakan apresiasi kepada anggota yang telah bekerja keras mengungkap  berbagai kasus.
Ia menjelaskan, pemberian kepada polres dan polsek terbaik diberikan rompi berwarna kuning, sedangkan prestasi kurang baik mendapatkan rompi berwarna hitam. Untuk tingkat polres, Polres Surabaya Selatan menjadi yang terbaik karena mampu mengungkap kasus terbanyak. Selama Januari, polres yang dipimpin AKBP Bahagia Dachi ini mampu mengungkap 52 kasus baik curat, curas, dan curanmor.
Untuk tingkat polsek tipe A, dalam kategori penurunan angka kriminalitas, penghargaan terbaik diraih oleh Polsek Sukodono yang mampu menurunkan angka kriminalitas hingga 65,22%. Sedangkan yang kurang baik diraih oleh Polsek Genteng yang wilayahnya mengalami peningkatan angka kriminalitas hingga 40,48%.
 Sementara itu dalam kategori peningkatan keamanan (crime clearance), yang menjadi terbaik adalah Polsek Sawahan. Polsek pimpinan AKP Sih Widodo ini mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Sawahan hingga 13,50%. Sedangkan yang kurang baik adalah Polsek Pabean Cantikan yang wilayahnya menjadi lebih rawan hingga mencapai prosentase 88,23%.
Untuk tingkat polsek tipe B, dalam kategori penurunan angka kriminalitas, Polsek Tulangan yang terbaik dengan penurunan hingga 58,33%. Sedangkan yang kurang baik adalah Polsek Gayungan yang angka kriminalitasnya naik hingga 88,23%. Dalam kategori crime clearance, Polsek Karangpilang mampu menaikkan hingga 24,25% dan yang kurang baik adalah Polsek Benowo yang turun hingga 70%.
Untuk tingkat polsek tipe C, dalam kategori penurunan angka kriminalitas, yang terbaik adalah Polsek Tambak Gresik dengan penurunan angka kriminalitas hingga 100%, sedangkan yang kurang baik diraih oleh Polsek Wringinanom yang angka kriminalitasnya naik hingga 88,23%. Dalam kategori crime clearance, diraih oleh Polsek Manyar yang naik hingga 900%. Sedangkan yang kurang baik adalah Polsek Krembung yang turun hingga 70%.
Untuk satuan unit, penghargaan terbaik diraih oleh unit I Satnarkoba Polwiltabes Surabaya. Unit pimpinan AKP Efendi ini dalam Januari mampu mengungkap kasus narkoba dengan barang bukti sebanyak 291.503 gram sabu-sabu.
Maka itu, ia berharap kepada polres maupun polsek di wilayah hukum polwil yang mendapatkan penghargaan terbaik, agar dapat dipertahankan kinerjanya. Untuk yang mendapat penghargaan kurang baik, agar bisa terlecut untuk menjadi yang terbaik.

Advanced Search

   Produk SKPD