Kamis, 25 April 2024

Peringatan Hari Gizi Nasional ala SD Muhammadiyah15 Surabaya

Diunggah pada : 25 Januari 2018 21:28:13 0
thumb

Jatim Newsroom- Banyak cara unik dilakukan untuk memperingati hari gizi nasional yang jatuh 25 Januari 2018, salah satunya siswa siswi  SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Mereka melakukan dengan menggelar royoan/berebut tumpeng buah bergizi di sekolahnya, pada Kamis ( 25/01) 

Dalam  Berebut Tumpeng Buah bergizi dihadiri oleh seluruh siswa-siswi Limas sebutan lain dari SD Muhamadiyah 15 Surabaya dengan riang gembira dan antusias sekali untuk berebut tumpeng.

Wakil Kepala SD Muhamadiyah 15  Surabaya, Ali Shodiqin mengatakan, limas sebagai sekolah inspiratif memiliki banyak program, salah satunya mengadakan acara tumpeng buah berigizi yang berbeda dengan tumpeng-tumpeng biasanya. “Apabila biasanya kita melihat tumpeng nasi putih dan tumpeng nasi kuning, di SD Limas berbeda dalam memperingati Hari Nutrisi Nasional dengan Tumpeng Buah Bergizi," kata Ali Shodiqin.

Selain itu, Ali menjelaskan, Limas mempunyai tim dokter kecil  yang diajarkan empat sehat lima sempurna. “Siswa-siswi dalam konsep 4 sehat 5 sempurna yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran , buah-buahan dan disempurnakan dengan susu," ujar Ali.

Anak anak dari sejak dini harus dibiasakan untuk sarapan pagi. Sarapan ini dalam bentuk bekal ketika sekolah maupun makan dirumah sebelum berangkat sekolah dan sebelum Pkl 09.00.

Menurut Ahli Gizi dari RS di Surabaya, Indah Bartiati mengatakan, anak sejak dini harus dikenalkan dan dibiasakan untuk memakan 3 B ( Bergizi, Beragam dan berimbang) dengan terdapat berbagai lauk pauk dan air mineral.

"3 B harus selalu diterapkan dalam makanan anak sejak dini. Karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein sebagai sumber pembangun dan sayur buah sebgai sumber pengatur serta susu sebagai pelengkap. Serta wajib Air mineral dalam konsumsi," Ungkapnya (ryo/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait