Wijianto, Mahasiswa FEB UNAIR Juarai Lomba Paper Ekonomi di Negeri Sakura

UMUM | 10 Oct 2019 05:48:21 AM

Wijianto, Mahasiswa FEB UNAIR Juarai Lomba Paper Ekonomi di Negeri Sakura

Jatim Newsroom - Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia kembali mencetak prestasi gemilang di kancah internasional. Kali ini, Wijianto mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR berhasil meraih Best Inovation dalam 2019 ISEPSS (International Symposium on Education, Psychology and Social Sciences) di Tokyo, Jepang.

 

ISEPSS merupakan platform internasional bagi para sarjana, peneliti dan praktisi untuk membahas penelitian dan praktik interdisiplin. Bidang yang dibahas di antaranya yaitu bidang bisnis dan manajemen, komunikasi, ekonomi, pendidikan, keuangan, studi humaniora dan budaya, hukum, sastra dan linguistik, psikologi, masyarakat dan masih banyak lagi.

 

 Wijianto menceritakan pengalaman dan perjuangannya selama mengikuti ISEPSS. Menurutnya, acara tersebut sangat mendukung banyak disiplin ilmu melalui ide dan gagasan yang dituangkan dalam paper. Peserta yang mengikuti ISEPSS berasal dari negara Austalia, Macau, China, Thailand, Filipina dan Jepang.

 

“Paper-nya kan dibuat oleh peserta mahasiswa dari berbagai negara, sehingga bisa menjadi rujukan dalam menunjang soft skill,” imbuhnya, Rabu (9/10).

 

Wiji, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa awalnya sebelum apply paper, dia berkonsultasi dengan dosen pembimbing terlebih dahulu untuk mengangkat tema ekonomi. Dia memilih untuk membahas mengenai certification economy dengan mengangkat nilai tambah pada ekonomi makro, sekaligus kemudahan melalui satu pintu (one access).

 

Harapannya, lanjutnya, dari adanya satu pintu sertifikasi ini, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dapat meningkatkan kepercayaan daya jual kepada publik sehingga tidak akan ada kegagalan produk dalam berdagang. Dengan demikian akan meningkatkan ekonomi kerakyatan yang berfokus pada ekonomi mikro.

 

“Alhamdulillah dalam presentasi kami tersebut, dapat sanjungan yang luar biasa baik dari juri maupun peserta dari negara lain,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, Wiji berpesan kepada mahawasiswa UNAIR agar tetap semangat dalam berprestasi, utamanya dalam hal menulis paper. Tulislah semua gagasan yang ada dalam pikiran agar bisa tersampaikan ke publik. Jangan pernah berhenti bermimpi karena niat kecil akan membawa perubahan besar.

 

“Harumkan nama NKRI dan UNAIR di kancah internasional dengan prestasi. Terakhir, selalu bersyukur dan mari bersama-sama mewujudkan impian kita menuju UNAIR World Class University,” tutupnya. (mad)

Views 1844
Web Statistic