Waspada Corona, Gubernur Pastikan Ketersediaan Masker dan Hand Sanitizer

UMUM | 18 Mar 2020 06:25:28 PM

Waspada Corona, Gubernur Pastikan Ketersediaan Masker dan Hand Sanitizer
Foto : afr JNR

Jatim Newsroom - Memasuki masa tanggap darurat Corona Virus Disease (Covid) 19, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memastikan ketersediaan masker dan hand sanitizer di wilayah Jawa Timur. Hal itu ditegaskan gubernur saat meninjau salah satu pabrik masker dan hand sanitizer, PT Jayamas Medica Industri di Jombang.

"Kami hanya ingin memastikan bahwa alat perlindungan diri itu ada. Masker itu ada barangnya. Hand sanitizer juga ada barangnya. Hanya saja mungkin saat ini tidak semudah mengakses sebelum penyebaran Covid 19 ini," kata Khofifah, Rabu ( 18/3).

Ia juga sudah meminta kuota khusus untuk Jawa Timur dan akan melaporkan pada pemerintah pusat. "Kami pastikan bahwa kuota yang kita dapatkan dari pabrik ini terkonfirmasi, karena yang butuh bukan hanya Jawa Timur. Namun wilayah lain juga sama membutuhkan (masker dan hand sanitizer, red)," ujarnya.

Khofifah mengatakan, penyediaan tidak hanya dari PT Jayamas Medica Industri. Pihaknya juga mengonfirmasikan dengan beberapa pabrik lain terkait ketersediaan stok dan pasokan untuk kuota yang dibutuhkan masyarakat, khususnya bagi tenaga medis dan rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid 19.

"Karena ada beberapa pabrik, maka saya sudah meminta untuk diberi kuota secara khusus. Paling tidak untuk memenuhi kebutuhan (masker dan hand sanitizer) selama 14 hari ke depan," ungkapnya.

Terkait jumlah kuota, pihaknya akan menghitung terlebih dahulu kebutuhannya. "Nanti akan dihitung dulu. Namun yang terpenting adalah distribusi dapat memenuhi kebutuhan untuk rumah sakit dan tenaga medis," katanya.

Selain itu, Khofifah juga akan membagikan masker dan penyemprotan jaket dengan disinfektan. "Bagi pengemudi ojek online, mereka bukan karena covid 19 tapi tim BPBD Jatim juga akan memastikan ketika membonceng penumpang sama-sama aman," ujarnya. (afr/s)

Views 1044
Web Statistic