Sabtu, 20 April 2024

Wali Kota Mojokerto Resmikan Pasar Benteng Pancasila Bersistem Digital

Diunggah pada : 23 Oktober 2020 5:09:56 84

Jatim Newsroom-Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari, meresmikan  Pasar Benteng Pancasila merupakan salah Satu pasar tradisional menjadi Pasar modern yang bersistem digitalisasi dengan berkonsep Spirit Of Mojopahit, Kamis (22/10).

Pasar dibangun kembali dengan bernuansa Mojopahitan dan berbeda dengan pasar sebelumnya. Proyek dikerjakan pada bulan Februari dan selesei pada bulan Oktober ini resmi di tempati oleh para pedagang.

Ika Puspitasari, mengatakan, bahwa konsep Pasar Benteng Pancasila berkonsep modern yang bergaya Mojopahitan sebagai ciri khas dan sebagai tema Kota Mojokerto yaitu Spirit Of Mojopahit.

"Ada 242 kios yang berada dalam pasar benteng sekarang, lebih banyak dari pasar benteng sebelumnya dan para pedang yang menempati merupakan pedagang lama dan ada pedagang baru untuk memenuhi kios yang kita sediakan," katanya.

Lanjut orang nomor satu di Kota Mojokerto Itu, bahwa tidak hanya pasar yang berarsitektur mojopahitan tapi sistem jual beli yang ada di pasar benteng juga memakai sistem digital, baik transaksi jual beli maupun digital marketing. Dimana cara ini merupakan terobosan dan inovasi Kota Mojokerto dalam menyambut era digital serta dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di masa pandemi seperti sekarang.

"Kami mempersiapkan aplikasi bagi para pedagang untuk transaksi maupun membayar retribusi kepada pemerintah, dan ini pertama kalinya di pasar rakyat yang menggunakan sistem transaksi menggunakan tehnologi informasi secara masif," imbuhnya.

Pemimpin Kota Mojokerto itu juga berharap bahwa dengan sistem digitalisasi yang di terapkan saat ini bisa memutus penyebaran covid-19 dan mempercepat skema Pemerintah Mewujudkan Kota Mojokerto menjadi smart city dalam sektor Ekonomi.

"Selain sektor pemerintahan yang sudah menggunakan sistem digitalisasi yang berbasis elektronik, untuk sektor lainnya kita upayakan sarana prasarana nya sekaligus mengedukasi masyarakat Kota Mojokerto menuju Smart City," pungkasnya. (ern/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait