Kamis, 28 Maret 2024

Wagub Emil : Pemprov Jatim Dukung Pengembangan Inovasi Berkelanjutan

Diunggah pada : 16 Januari 2021 19:58:24 3

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk terus mendukung Inovasi yang berkelanjutan pada penanganan Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, yang berkesempatan berdiskusi dengan Tim Inovasi ITS di Rumah Dinas, Sabtu (16/1/2021).

Pada kesempatan tersebut, Emil panggilan akrabnya mengapresiasi inovasi berkelanjutan ITS dalam penanganan Covid 19, yaitu alat screening Covid-19 berbasis bau.

“Saya dijelaskan bahwa alat ini sudah menjadi atensi bagi Menteri Riset dan Teknologi, ini hal yang sangat membanggakan, kami Pemprov Jatim terus mendukung inovasi berkelanjutan ini,” ujar Emil.

Emil berharap alat screening covid-19 ini bisa segera dirampungkan sehingga bisa berjalan paralel dengan vaksinasi.

"Kita sudah mengenal teknologi kecerdasan buatan yang berbasis suara dan penglihatan visual, nah sekarang ini kepekaan penciuman sudah bisa direplikasi menggunakan elektronik," jelasnya.

Wagub Jatim juga telah mendukung Ventilator hasil Inovasi ITS, yang sampai hari ini telah memasuki uji klinis.

Sementara itu, perwakilan Tim Inovasi ITS, Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD,  menjelaskan temuannya tersebut. Dikatakannya, alat screening Covid 19 melalui bau keringat ketiak ini telah mendapat respon baik dari Menteri Riset dan Teknologi.

“Dalam waktu dekat kami diundang oleh Menristek untuk mempresentasikan Alat ini, harapannya mampu mempercepat hasil tes yang bersifat non-infectious, non-invasive, dan murah jelas Dosen  Departemen Teknik Informatika ini,” terang Prof Riyanarto.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian, Bambang Pramujati, menyampaikan, komitmen ITS dalam berinovasi menciptakan solusi bagi masyarakat.

"Kami ingin berbuat lebih banyak untuk masyarakat dengan produk-produk inovasi khususnya pada saat pandemi seperti ini banyak hal yang bisa kita lakukan dan tentunya sudah mendapat support penuh dari Pemprov Jatim" tegasnya. (red)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait