Wagub Buka TMMD ke 110 di Bojonegoro

UMUM | 03 Mar 2021 05:45:37 PM

Wagub Buka TMMD ke 110 di Bojonegoro

Jatim Newsroom - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil E Dardak, telah resmi membuka kegiatan pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 TA 2021 di Pendopo Malowopati Kab. Bojonegoro, Rabu (3/3/2021).

Wagub Emil mengatakan, melalui kegiatan TMMD ini hal yang tidak dapat dilakukan dengan pendekatan konvensional dapat dilakukan dengan pendekatan Program TMMD, sehingga terasa kebersamaannya antara TNI, POLRI, Pemda lintas sektor dan stakeholder. Melalui program ini terasa sebuah semangat dan kebanggaan. Namun yang tidak kalah pentingnya, dan untuk pelaksanaan TMMD harus dengan memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu infrastruktur pada lokasi TMMD 110 dapat menjadi layak sedangkan sasaran non fisik, masyarakat dapat merasakan kebanggaan sebagai bangsa yang bernegara.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, wilayah Bojonegoro 40% terdiri dari kehutanan yang lokasi Bojonegoro berbatasan dengan Kab. Tuban, Ngawi, dan Blora. Program TMMD tersebut bertujuan untuk membedah akses wilayah dengan percepatan pembangunan infrastruktur dan membangun Kawasan yang ada di Bojonegoro. Bersama-sama dengan pemerintah Daerah, TNI, POLRI membedah kawasan pinggiran untuk mempermudah akses ekonomi dan memperlancar barang dan jasa, mempermudah akses Kesehatan, akses Pendidikan dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya, Mayjen Suharyanto, saat memberikan sambutan mengatakan, Program TMMD merupakan program yang sudah ada dari tahun 1980 dan sudah berjalan 41 tahun dan pelaksanaannya beberapa kali dalam setahun. Program TMMD  merupakan sinergitas TNI, POLRI, Pemda dan stakeholder  yang dapat meningkatkan solidaritas dalam membangun negeri yang sasarannya adalah sasaran fisik maupun sasaran non fisik. Kegiatan TMMD ke 110 dilakukan secara serentak di Kabupaten Bondowoso, Jember, Pacitan, Sumenep, Bojonegoro. Namun dipusatkan di Kab. Bojonegoro  Karena lokasi yang stategis.

Program TMMD diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap percepatan pencapaian target pembangunan melalui pemberdayaan ekonomi di daerah, meningkatkan taraf hidup masyarakat, menurunkan kemiskinan serta menempatkan desa sebagai subjek pembangunan, dimana desa dapat merencanakan sendiri, melaksanakan sendiri, dan memberdayakan sendiri masyarakatnya. Selain itu TMMD melalui beberapa kegiatannya diharapkan juga mampu menjadi pemicu adanya kasadaran masyarakat tentang wawasan kebangsaan, bela negara dan upaya pencegahan paham radikalisme serta pencegahan penyalahgunaan narkoba di desa.

Adapun kali ini TMMD bertema “TMMD wujud Sinergi Membangun Negeri”. Kegiatan Pembukaan TMMD ke 110 yang dilaksanakan di Kab. Bojonegoro tersebut bertujuan untuk pemerataan pembangunan yang ada di Kab. Bojonegoro khususnya Desa Ngrancang yang merupakan wilayah terbelakang dalam infrastrukturnya sehingga perlu percepatan pembangunan infrastruktur di selatan wilayah Bojonegoro tersebut serta peningkatan ekonomi, sarana prasarana , dan ketahanan pangan.(her/s)

Views 469
Web Statistic