Sabtu, 20 April 2024

Wagub Berharap Pemda di Jatim Raih WTP 2018

Diunggah pada : 23 Maret 2019 15:23:13 0

Jatim Newsroom - Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak mengharapkan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten-Kota se-Jatim dapat meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan kinerja keuangan dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018.

Hal ini disampaikannya saat setelah acara Penyerahan LKPD Tahun Anggaran 2018 (Un-Audited) di Kantor BPK Perwakilan Jatim, Jumat (22/03). 

 

Menurutnya, jika pemerintah daerah bisa meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK dari hasil laporan kinerja keuangannya  dalam LKPD 2018 ini, maka akan mendapatkan dana insentif daerah.

 

LKPD ini tidak sekedar audit keuangan tetapi juga laporan kinerja keuangannya. Opini WTP telah ditetapkan melalui sistem yang terstruktur serta saran dari BPK dalam pengelolaan anggaran keuangan. "Mengikuti sistem yang terstruktur dan masukkan advice dari BPK, semoga pemerintah daerah di Jatim bisa meraih WTP sehingga bisa mendapatkan dana insentif daerah," harapnya.

 

Kepala BPK Perwakilan Jatim, Hari Purwaka dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara pasal 56 menyatakan bahwa Gubernur/Bupati/Walikota menyampaikan laporan keuangannya kepada BPK, paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

 

Pemeriksaan BPK atas LKPD bertujuan memberikan pendapat atau opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam keuangan. "Progres pemeriksaan di Jatim selalu ada peningkatan jumlah entitas yang meraih WTP.  Tahun  2015 sebanyak 29, 2016 menjadi 31 lalu 2017 ada 37, semoga 2018 semua dapat WTP," terang Hari Purwaka. (pno)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait