US Navy Ucapkan Terima Kasih Latber CARAT 2017 Sukses

UMUM | 13 Sep 2017 02:03:56 PM

US Navy Ucapkan Terima Kasih Latber CARAT 2017 Sukses

Jatim Newsroom – Bulan September ini, Korps Marinir Indoensia dengan Marinir Amerika Serikat US Navy menggelar latihan bersama (latber) bersandi Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2017. Latihan di Situbondo dan Banyuwangi tersebut berjalan lancar dan sukses.

Melihat kerjasama yang bagus dalam latber tersebut, perwakilan US Navy yakni Captain Lex Walker didampingi Colonel Brady Crosier, Commander Greg Adams dan Elly Kurniawati (Staf Dubes AS) mengucapkan terima kasih pada TNI AL, khususnya Korps Marinir.

“Kami ucapkan terima kasih atas sambutan dan keramahannya yang telah menerima delegasi Angkatan Laut Amerika dengan baik. Terima kasih kepada Lantamal V atas segala dukungan yang telah diberikan selama pelaksanaan Latihan bersama US Navy dengan TNI AL,” kata Captain Lex Walker.

Ia juga menyinggung tentang pelaksanaan latihan yang telah berjalan lancar hingga TNI AL dan US Navy bisa bertukar ilmu dan pengalaman. “Semoga apa yang dilaksanakan dalam latihan bersama ini dapat menjadi ilmu pengetahuan serta menambah erat hubungan baik antar kedua angkatan,” kata Lex Walker.

Wakil Komandan  Pangkalan Utama TNI Angakatan Laut (Wadan Lantamal) V Surabaya, Kolonel Marinir Nana Rukmana menyampaikan permohonan maaf Komandan Lantamal V yang belum dapat menemui delegasi US Navy dikarenakan sedang melaksanakan pendidikan di Lemhanas. Kolonel Nana juga mengucapkan terima kasih kepada delegasi Angkatan Laut Amerika atas terlaksananya CARAT 2017 telah berjalan dengan lancar dan sukses.

Ia menjelaskan, CARAT mempererat kemitraan maritim AS dan Indonesia serta memainkan peran penting dalam menciptakan rasa saling percaya, kekeluargaan, dan persahabatan selama lebih dari 23 tahun. “Kapan pun Angkatan Laut kita bekerja sama, kami selalu melihat manfaatnya bagi kedua pihak,” ujarnya.

Di samping prajurit TNI AL, CARAT diikuti oleh lebih dari 300 personil Angkatan Laut dan Korps Marinir AS. Dalam latihan bersama itu serangkaian pelatihan di laut mencakup pertempuran permukaan, penanggulangan teroris dan perompakan di atas kapal, latihan persenjataan serta operasi patroli laut dilakukan.

Kegiatan lainnya mencakup serangkaian seminar, yang memberikan kesempatan bagi kedua pihak untuk berbagi praktik terbaik terkait taktik di angkatan laut. Kegiatan lainnya adalah  pertukaran keterampilan dalam bidang kemaritiman, seminar bidang penerbangan, hukum militer, dan simposium pertempuran permukaan laut.

Kelompok musik Armada ke-7 dan Satuan Ekspedisi Marinir 111 AS juga akan mengadakan sejumlah kegiatan budaya bersama kelompok musik Koarmatim TNIAL yang dipersembahkan untuk warga Surabaya. (afr)

Views 232
Web Statistic