Jumat, 29 Maret 2024

UNAIR Gencar Sosialisasi Perubahan Regulasi SNMPTN 2019

Diunggah pada : 11 Januari 2019 17:41:11 7

Jatim Newsroom - Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR) gencar melakukan sosialisasi dan  menginformasikan perubahan regulasi aturan proses penerimaan mahasiswa baru (PMB). Mulai jalur SNMPTN, SBMPTN, hingga seleksi mandiri kepada  berbagai siswa SMA di Surabaya.
 
”Dengan adanya sosialiasasi ini, diharapkan para siswa mampu memahami sistem penerimaan mahasiswa baru yang baru ini. Siswa diharapkan tidak hanya fokus pada perubahan yang terjadi, tetapi lebih kepada mempersiapkan diri untuk mengikuti tes-tes masuk perguruan tinggi yang telah ditetapkan,” ungkap Staf PIH UNAIR Anindya Anindita, Jumat(11/1).
 
Selain itu, lanjut Anin, persentase pembagian jumlah calon mahasiswa yang akan diterima juga berbeda. Persentase calon mahasiswa dari jalur SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN 40 persen, dan jalur mandiri 30 persen. Ujian tes pada 2019 akan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
 
Pembagian kelompok ujiannyapun terdiri atas Saintek (sains dan teknologi) serta Soshum (sosial dan humaniora). Setiap peserta diperbolehkan mengikuti tes maksimal dua kali.
”Untuk materi tes UTBK, terdiri atas dua. Yaitu, tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TKA),” ujar Anin.
 
Salah kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh UNAIR sebelumnya, yaitu pada kegiatan mengikuti Edu Fair Campus Expo bersama dengan perguruan tinggi se-Jawa Timur. Kegiatan itu berlangsung pada Kamis (10/1) bertempat di SMAN 18 Surabaya yang dimulai pukul 08.30. 
 
Peserta Kelas XII SMAN 18 Surabaya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut. Bukan hanya itu, antusiasme peserta terlihat dengan terjalinnya komunikasi interaktif antarsiswa dengan pihak humas UNAIR.(mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait