Sabtu, 20 April 2024

UNAIR Bersama PDHI Kampan Himbau Waspada Bahaya Rabies

Diunggah pada : 21 September 2018 5:08:17 6

Jatim Newsroom – Jelang peringatan hari rabies sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya bersama  Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Timur  mengimbau agar seluruh dokter hewan waspada terhadap bahaya rabies.

Ketua PDHI Cabang Jawa Timur,  Prof. Dr. Drh. Suwarno, Msi.,Saat ini, kata Prof Suwarno, 99 persen rabies berasal dari gigitan anjing gila. Ada satu kematian akibat rabies setiap 15 menit, yang mana, kebanyakan di antara korban adalah anak-anak di bawah usia 15 tahun.

“Sudah 100 tahun lebih rabies ada di Indonesia, tapi kita belum bisa membebaskan. Peran dokter hewan penting dalam menjembatani kesehatan hewan dan kesehatan manusia,” papar Prof Warno, di Surabaya, Kamis (20/8).

Prof Warno lantas mengimbau kepada seluruh hadirin agar melakukan faksinasi dan melindungi diri. Itu adalah bentuk pencegahan terbaik.

Seperti diketahui, Rabies adalah penyakit infeksi akut susunan saraf pusat pada manusia dan mamalia. Penyakit ini ditandai dengan disfungsi hebat susunan saraf dan hampir selalu berakhir dengan kematian.

Penyakit rabies disebabkan oleh virus rabies yang masuk genus Lyssavirus, famili Rhabdoviridae, dan menginfeksi manusia setelah korban digigit binatang—98 persen lewat anjing. Walau begitu rabies pun bisa ditularkan melalui kucing, kera, serigala, atau kelelawar. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait