Kamis, 28 Maret 2024

Tuna Kembali Melimpah di Kabupaten Pacitan

Diunggah pada : 3 Agustus 2018 14:48:57 158

Jatim Newsroom- Hasil tangkapan ikan Tuna pada bulan April di Pelabuhan Tamperan Kabupaten Pacitan cukup melimpah. Sejak fenomena Siklon Tropis pada bulan Februari-Maret berakhir, dan cuaca di perairan laut sekitar Pacitan yang sudah membaik menyebabkan hasil tangkapan ikan Tuna meningkat.

Kepala UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pasongsongan (P2SKP) Tamperan – Pacitan, Ninik Setyorini, Jumat (3/8) mengatakan, bahwa cuaca di perairan laut selatan Kabupaten Pacitan sudah mulai baik, sehingga nelayan setempat atau nelayan andon banyak yang berlayar mencari ikan.

Fenomena siklon Tropis mempunyai dampak gelombang tinggi, hujan deras dan angin kencang, sehingga dapat berpotensi untuk menenggalamkan kapal. Siklon tropis dapat memutar air dan menimbulkan angin kencang dan gelombang laut yang tinggi.

Adanya peningkatan hasil tangkapan ikan tuna antara lain juga disebabkan telah kembali beroperasinya kapal Purse Seine sebanyak 44 unit dan kapal sekoci sebanyak 46 unit di Pelabuhan Perikanan Tamperan yang sebelumnya tidak berani untuk melaut atau tidak bisa beroperasi nangkap ikan akibat cuaca buruk dan angin kencang.

Adapun jenis Ikan Tuna yang menjadi hasil tangkapan nelayan di antaranya Yellowfin Tuna, Bigeye Tuna, Baby Tuna / Cakalang, dan Tongkol. (jal)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait