TNI AL Siapkan Latihan Bersama Royal Australian Navy

UMUM | 14 Mar 2018 07:57:39 PM

TNI AL Siapkan Latihan Bersama Royal Australian Navy
Pangarmatim, Laksda TNI Didik Setiyono saat Pimpin rapat koordinasi persiapan latihan bersama TNI AL dan Royal Australian Navy. Foto : Afrizal JNR

Jatim Newsroom - TNI AL kini mulai menyiapkan latihan bersama dengan Royal Australian Navy (RAN) yang akan digelar April. Persiapan dilakukan melalui rapat koordinasi yang dipimpin Pangarmatim, Laksda TNI Didik Setiyono.

Untuk persiapan awal, Pangarmatim menerima paparan dari Cassoex dan Corpat Ausindo, dengan tema bersama Cassowary Exercise 2018. Latihan bakal dilaksanakan dengan RAN di Darwin, Australia. “Latihan bersama ini dalam rangka meningkatkan kerja sama militer antara Indonesia dan Australia (Military To Military)," kata Pangarmatim di Surabaya, Rabu (14/3)

Latma Cassoex akan dilaksanakan pada 9-13 April dan Corpat Ausindo pada 13-24 April. Menurutnya, latihan itu merupakan salah satu bentuk latihan bersama antara TNI AL dan RAN yang bertujuan meningkatkan kerja sama militer antara TNI AL – RAN, serta mengasah kemampuan prajurit dalam berlatih. “Pelajaran yang dikembangkan di antaranya materi yang berkaitan di bidang navigasi, keamanan laut,  dan tim peran kebakaran,  serta pemahaman maupun penguasaan referensi latihan," tuturnya.

Adapun pokok hasil latihan Cassoex dan Corpat Ausindo yang pernah dilaksanakan yaitu kemampuan pengambilan keputusan taktis dapat dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur, koordinasi dan kerjasama taktis antara TNI AL dan RAN dapat terjalin dengan baik. "Dengan hadirnya unsur-unsur peserta latihan, situasi kondisi keamanan di perairan area latihan dan sekitarnya dapat dikendalikan. Selain itu, hubungan bilateral yang harmonis antara Indonesia dan Australia dapat dijaga serta di pelihara dengan baik,” ujarnya. (afr/p)

Views 51
Web Statistic