Kamis, 25 April 2024

TNI AL Pesan Kapal Semi Siluman Lewat PT PAL

Diunggah pada : 28 April 2017 15:42:47 14

Jatim Newsroom - Guna menambah kekuatan alutsista (alat utama sistem persenjataan), TNI AL kini bakal menambah kapal khusus semi siluman. Kapal yang dipesan langsung lewat PT PAL Indonesia itu disiapkan secara khusus untuk mendukung operasi amfibi.

"Kapal ini dirancang sebagai kapal pendukungoperasi amfibi yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya. Kapal ini juga mampu mengangkut lima buah helikopter yakni tiga di geladak heli dan dua di hanggar," kata Aslog Kasal, Laksamana Muda TNI Mulyadi, Jumat (28/4).

Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam. Proses pengerjaannya, kini baru dilakukan proses pemotongan plat pertama sebagai seremoni pembuatan kapal Landing Platform Dock (LPD) milik TNI AL tersebut.

Seremoni ditandai dengang penekanan tombol mesin CNC Plasma oleh Aslog Kasal. Lali dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara antara Dirut PT PAL dengan Aslog Kasal yang juga dihadiri Panglima Armada Timur, Laksamana Muda TNI Darwanto.

Perlu diketahui, kapal LPD TNI AL ini mempunyai spesifikasi yang mampu menampung kapasitas angkut total sebesar 344 personel. Kapal juga bisa dipakai landasan tiga unit helikopter jenis Mi-2/Bel 412 di deck serta dua di hangar, dua unit LCVP, tigaunit howitzer dan 21 tank menggunakan luas LPD 125 meter persegi.

Kapal juga dibuat secara spesifik untuk mampu dipasang senjata 100 mm. Selain itu dilengkapi pula dengan ruang CIC buat (Fire Control System) sistem kendali senjata yang memungkinkan kapal bisa melaksanakan self defence dengan komunikasi kapal ke kapal. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait