Titik Akhir Kesepakatan, Angkutan Khusus Online di Jatim Resmi Diijinkan Beroperasi

UMUM | 04 Jan 2018 10:34:45 AM

Titik Akhir Kesepakatan, Angkutan Khusus Online di Jatim Resmi Diijinkan Beroperasi

Foto: Sug JNR

Jatim Newsroom- Setelah lama melakukan perumusan mengatur angkutan online, akhirnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan ijin operasional angkutan khusus online di beberapa daerah.

Peresmian tersebut sebagai titik akhir dari perumusan kesepakatn yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kepolisian, Perusahaan angkutan online dan perusahaan angkutan konvensional.

"Peresmian angkutan khusus online sebagai manifest titik akhir dari semua kesepakatan yang telah dirumuskan, bagaimana teknologi tidak bisa dihindari," ujar Soekarwo, Gubernur Jawa Timur saat memberikan sambutan pada kesempatan peluncuran angkutan khusus online oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (4/1).

Soekarwo mensyukuri kesepakatan tersebut, karena sejatinya antara angkutan online dan non online ingin berdampingan dalam melayani masyarakat.

"Hampir semua perumusan mereka berdua terlibat, Merumuskan.kata demi kata, calon korban diajak bicara, sikap hidup inilah yang membikin surabaya menjadi dingin," katanya

Ia menambahkan, sikap dan pandangan pemerintah Provinsi Jawa Timur cukup jelas yang besar di fasilitasi dalam peraturan yang kecil harus dibantu untuk tidak kalah dalam pertarungan seperti itu.

"Pemerintah harus melindungi yang kalah, tidak mungkin menyingkirkan yang kalah, harus melindungi yang kecil, Efisiensi adalah tuntutan zaman, yang tidak melakukan efisiensi harus belajar dan dibantu agar lebih efisien serta di fasilitasi. Saya minta Dishub untuk membantu, pemerintahan yang baik tidak membiarkan yang kalah mati," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinisi Jawa Timur Wahid Wahyudi menjelaskan Di Jawa Timur sesuai dengan peraturan Gubernur telah ditetapkan kuota untuk sewa angkutan khusus online sebesar 4445 kendaraan.

Dari kuota tersebut, Sampai dengan hari ini yang sudah menerima ijin full untuk operasional sebanyak 113 kendaraan dan 9 kendaraan masih dalam proses.

Sedangkan  perusahaan  angkutan online khusus memberikan apresiasi terhadap langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang memberikan fasilitas kepastian hukum. 

Jhon Colombo CEO Uber salah satu angkutan khusus online mengatakan kespatian hukum dan kemitraan yang kuat dengan pemerintah daerah sangat penting. 

Oleh karena itu dirinya bergarap ada bisa bekerja sama  terkait.implemtasi peraturan guna memastikan inovasi angkutan  dan hadirnya pilhan angkutan yang membrikan manfaat penuh bagi penumpang agar ada kualitas dalam peningkatan mobilitas masyarakat khususnya di perkotaan.

Dalam kesempatan peresmian tersebut Gubernur Jawa Timur H Soekarwo secara simbolis menempelkan stiker dari Dishub Jatim pada mobil angkutan online sebagai tanda secara resmi beroperasi. (mad)

Views 595
Web Statistic